Amankan Pelantikan Presiden, TNI Kerahkan Pesawat Tanpa Awak untuk Pantau Potensi Ancaman

Amankan Pelantikan Presiden, TNI Kerahkan Pesawat Tanpa Awak untuk Pantau Potensi Ancaman
BENTENGSUMBAR.COM -  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkap sejumlah kesiapan pengamanan jelang pelantikan Jokowi-Ma'ruf di gedung DPR/MPR, Minggu, 20 Oktober 2019. Kekuatan di darat dilengkapi sejumlah kendaraan baja, di udara disiapkan pesawat Boeing hingga pesawat tanpa awak.

"Pengamanan Istana, DPR/MPR, Boeing memantau udara. Kekuatan lain dengan pengerahan sejumlah pesawat tanpa awak memantau situasi ibu kota," kata Hadi saat gelar apel pasukan di Gedung Jalapuspita, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Oktober 2019.

Pesawat tersebut, jelas Hadi, akan melaporkan secara real time terhadap ancaman ancaman yang mungkin terjadi.

"Semuanya dilaporkan ke posko utama yang ada di Merdeka Barat. Dari posko bisa menentukan untuk melakukan tindakan tepat," kata Hadi.

Hadi bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan pengecekan di pos pengamanan yang diisi oleh personel TNI maupun Polri. Pengecekan rute pun dilakukan mulai dari area Pejompongan hingga ke dalam gedung DPR/MPR.

"Saya nyatakan bahwa semua berjalan lancar keamanan terjaga untuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden supaya bisa berjalan lancar dan aman," tegas Hadi.

Satu Anoa di kediaman Ma'ruf

Sementara itu, satu unit Tank Anoa disiagakan di depan kediaman Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo No 16 Menteng, Jakarta Pusat.

Tank Anoa tersebut ditempatkan tepat di ujung pertigaan Jalan Situbondo. Di depannya, berdiri satu tenda pos jaga yang dikawal oleh aparat Kepolisian dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

Akses Jalan Situbondo juga disterilkan. Hanya warga dan tamu VIP atau menteri yang diizinkan melintas. Sejumlah helikopter pun beberapa kali terlihat berputar di atas kediaman Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) non aktif itu.

Namun demikian aktivitas warga di sekitar Jalan Situbondo, seperti di Taman Kodok dan Taman Menteng tidak terganggu. Masyarakat masih leluasa berolahraga maupun melintas dengan kendaraan di sekitar kawasan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi-Ma'ruf akan dilantik sebagai presiden-wakil presiden di Gedung DPR/MPR pada hari ini, Minggu, 20 Oktober 2019. Acara pelantikan bakal dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Setelah itu, Jokowi-Ma'ruf langsung ke Istana Negara. Tidak ada parade yang dihadiri para relawan dan simpatisan. Mulanya, parade memang ingin dilakukan oleh para relawan di Patung Kuda sampai Istana Negara, namun, dibatalkan.

(Source: cnnindonesia.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »