Diminta Jokowi Benahi Ketenagakerjaan, Ini Profil Ida Fauziyah

Diminta Jokowi Benahi Ketenagakerjaan, Ini Profil Ida Fauziyah
BENTENGSUMBAR.COM - Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ida Fauziyah hari ini memenuhi permintaan kedatangan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di istana. Ida mengaku Jokowi memintanya untuk membenahi sektor ketenagakerjaan. 

"Saya diminta oleh Pak Jokowi untuk membantu beliau," kata Ida usai pertemuan dengan Jokowi ditemui di halaman Istana Negara Jakarta pada Selasa siang, 22 Oktober 2019.

Ida yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU menjelaskan dalam diskusinya bersama Presiden telah membahas tentang penciptaan lapangan kerja hingga implementasi Kartu Kerja. 

Berikut profil Ida Fauziyah:

Lama jadi Anggota DPR RI

Ida Fauziah pertama kali menjadi anggota DPR RI pada tahun 1999 usianya masih terbilang sangat muda, 29 tahun. Menjadi anggota DPR termuda, Ida tampil percaya diri saat didaulat memimpin sidang paripurna DPR RI masa bakti 1999-2004.

Ida telah lima kali terpilih menjadi anggota DPR, sejak 1999 hingga 2019. Ida maju menjadi anggota DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mewakili Jawa Timur.

Pada 2009-2012, Ida menjadi Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) dan Wakil Ketua Komisi II yang membidangi otonomi daerah dan pertanahan.

Pada periode 2012-2014, Ida bertugas sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI yang menangani Departemen Agama, Departemen Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia dan Zakat.

Tahun 2014-2019, Ida bertugas di Badan Anggaran dan Komisi I yang bertugas di bidang pertahanan, intelijen, komunikasi dan informatika.

Aktif di Organisasi Perempuan

Semasa kuliah, Ida Fauziyah merupakan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Dia juga aktif di Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (Korpri) PMII.

Dia pernah menjadi ketua dalam organisasi untuk perempuan. Organisasi itu, seperti Kaukus Perempuan Parlemen. Ida ditunjuk mewakili Fraksi Kebangkitan Bangsa sebagai salah satu ketua Kaukus (2002-2007).

Ida menjadi Ketua Kaukus Perempuan Parlemen setelah ditunjuk mewakili Fraksi Kebangkitan Bangsa (PKB). Ida juga menjadi anggota Lembaga Advokasi Perempuan PP Fatayat NU pada 2000-2004.

Cawagub Jawa Tengah

Dalam Pilgub Jawa Tengah 2018, Ida Fauziyah dicalonkan menjadi Cawagub mendampingi cagub Sudirman Said dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Dan Alhamdulilah semua partai setuju dan sepakat dengan calon yang diajukan PKB yakni ibu Ida Fauziyah," kata Sudirman Said di sekretariat Relawan Perubahan Jateng, Rabu (10/1/2018).

Namun pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah kalah dalan Pilgub Jawa Tengah 2018. Pilgub Jateng akhirnya dimenangkan Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

Bagian dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Di PKB, Ida Fauziyah pernah menjabat berbagai jabatan. Dia pernah dipercaya menjabat sebagai Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR RI.

Kini, Ida menjabat sebagai Waketum PKB. 

(by/merdeka.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »