PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Jokowi: Jangan Ada Lagi Kerusuhan di Wamena, yang Rugi Kita Semua

          Jokowi: Jangan Ada Lagi Kerusuhan di Wamena, yang Rugi Kita Semua
Presiden Jokowi meninjau pasar yang rusak parah akibat rusuh Wamena.
Jokowi: Jangan Ada Lagi Kerusuhan di Wamena, yang Rugi Kita Semua
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kerusuhan tidak terjadi lagi di tanah Papua, termasuk di Wamena. Jokowi mengajak peran serta tokoh dan masyarakat menjaga situasi kondusif.

"Saya minta keamanan betul-betul kita jaga bersama-sama. Jangan ada peristiwa lagi, tapi ini jadi komitmen, jadi pengalaman empiris kita agar kejadian ini tidak lagi terjadi. Yang rugi kita semuanya, kita semuanya, baik memulihkan ekonomi, psikologis politik, semuanya," kata Jokowi saat bertemu perwakilan tokoh dan masyarakat di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin, 28 Oktober 2019.

Jokowi mengatakan TNI dan Polri siap menjamin keamanan di Wamena. Harapannya, aktivitas perekonomian masyarakat segera pulih.

"Aparat TNI dan Polri siap menjamin keamanan agar roda ekonomi yang ada kembali normal. Negara ini, Indonesia negara besar. Jadi kalau ada masalah, ada problem, kita selesaikan. Yang paling penting masalahnya selesai," ujar Jokowi.

Menyusul dari kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu, Jokowi memerintahkan jajarannya memperbaiki bangunan yang rusak.

"Untuk yang rumah, ruko, saya perintahkan menteri PU secepatnya diselesaikan agar fisik kebakaran segera hilang dari kota Wamena ini, jadi nggak ada psikologis bahwa ini pernah kejadian," ujar Jokowi.

"Baru nanti tahapan kedua mengembalikan kepercayaan kita semua bahwa Pegunungan Tengah, Kota Wamena, ini kota yang aman, saya 4 kali ke sini, penduduknya sangat ramah sekali, ketika kejadian, inilah tugas kita bersama untuk menyelesaikan," imbuh Jokowi.

Minta Pemda Siapkan Rumah Tampung Anak Jalanan Wamena

Dalam pertemuan ini, Jokowi juga menerima aduan ada 500 anak jalanan di Wamena yang telantar usai kerusuhan. Salah satu perwakilan masyarakat berharap pemerintah menyediakan rumah tinggal dan tempat pelatihan bagi mereka yang berprofesi sebagai musisi jalanan.

"Atas nama teman-teman di jalan, tolong lihat kami yang tertindas di jalan agar bisa memberikan kami rumah tinggal dan tempat pelatihan karena konser di jalan, kami sewa per bulan Rp 4,5 juta," katanya.

Jokowi langsung memerintahkan Pemkab Jayawijaya membangun rumah tinggal bagi musisi jalanan Wamena. Dengan catatan, lahan sudah siap.

"Lahannya ada? Kalau lahan ada saya perintah sekarang ke Menteri PU untuk dikerjakan. Tolong siapkan, Pak Bupati," ucap Jokowi.

(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *