PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Kebijakan Tito Tangani Papua Sudah Tepat, dari Pendekatan Keamanan Beralih ke Kesejahteraan

          Kebijakan Tito Tangani Papua Sudah Tepat, dari Pendekatan Keamanan Beralih ke Kesejahteraan
Foto: Muhamad Tito Karnavian ketika mengunjungi Papua.
Kebijakan Tito Tangani Papua Sudah Tepat, dari Pendekatan Keamanan Beralih ke Kesejahteraan
BENTENGSUMBAR.COM - Muhamad Tito Karnavian setelah beberapa hari dilantik terus bekerja cepat. Bahkan Tito juga sedang fokus memelototi pengalokasian anggaran otonomi khusus Papua Sebesar Rp 8,36 triliun. Tujuannya untuk memastikan apakah pengucuran dana pusat itu tepat sasaran dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

"Publik memberi apresiasi kepada Mendagri. Kinerja cepat Tito Karnavian banyak dipuji  masyarakat," ungkap Ketua Public Policy Centre (Pupolicy Centre) Edi Hasibuan, Jakarta, Minggu, 27 Oktober 2019.

Edi menilai perhatian pemerintah terhadap Papua selama ini  begitu besar dan sangat bisa membuat rakyat Papua sejahtera. Menurut mantan anggota Kompolnas ini  dengan pengawasan yang baik diharapkan  penggunaan dana otonomi khusus  Papua semakin baik dan  masyrakat setempat  semakin sejahtera. 

Dosen  Hukum Administrasi Negara Universitas Bhayangkara Jakarta berpendapat, dalam penyelesaian Papua dibutuhkan perhatian khusus dari berbagai pihak khususnya kementerian dalam negeri. Jika selama ini fokus pada  pendekatan keamanan, sekarang diubah mengedepankan pendekatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami menilai, kebijakan ini akan lebih diterima masyrakat karena mendapatkan langsung manfaatnya. Kami melihat, ini pemikiran yang hebat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat papua,"  tambah Direktur Eksekutif Lemkapi ini.

Tito sendiri berjanji tidak segan-segan memproses kepala daerah  bila ada yang  terbukti melakukan penyimpangan. Menurut doktor hukum ini, kehadiran Mendagri  ke Papua dan daerah lainnya ke depan sangat tepat.

Presiden Jokowi sendiri sudah memerintahkan menteri agar  memastikan  apakah berbagai program yang  sudah dilaksanakan pemerintah sudah tepat sasaran dan manfaatnya dirasakan masyrakat setempat. 

(Source: rmol.id)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *