Soal Sumbangan Sukarela di Sekolah, Tak Boleh Dipaksakan, Harus Jelas Kegunaannya

Soal Sumbangan Sukarela di Sekolah, Tak Boleh Dipaksakan, Harus Jelas Kegunaannya
BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siri mendukung peran serta dari orang tua murid dalam kegiatan yang ada di sekolah. Salah satunya adalah dalam bentuk sumbangan sukarela. 

"Kita harus ingat, dunia pendidikan tanpa adanya peran serta dari orang tua murid, itu tidak akan mampu menjadi baik. Maka dalam hal tersebut, pihak sekolah mesti kerjasama dengan orang tua murid. Seperti, adanya kegiatan di sekolah yang butuh sumbangan dari orang tua murid. Cuma, tidak boleh dipaksakan," ujar Azwar Siri.

Menurutnya, sepanjang tidak dipaksakan, maka sumbangan sukarela tersebut tidak menjadi masalah, karena disesuaikan kemampuan orang tua wali murid atau siswa. "Jumlah sumbangan tentu tidak sama pada setiap murid, disesuaikan dengan kemampuan orang tua mereka. Misalkan, si A 100 dan si B 50," tukuknya. 

Ia pun tak menapik ada sebagian sekolah yang seakan-akan memaksakan sumbangan kepada siswa. "Cuma kadang-kadang ada yang terkesan dipaksakan, ini tentu tidak boleh. Kalau itu kesediaan atau kemauan, boleh-boleh saja," ujar politisi Partai Demokrat ini.

Ia menegaskan, keguanaan sumbangan sukarela yang dipungut tersebut harus jelas. "Yang susah itu uang diterima, namun kejelasan kemana kegunaannya itu yang tidak ada. Ini yang harus diperbaiki, dana itu harus jelas kemana direalisasikan dan bisa dipertanggungjawabkan," cakapnya.

Dikatakannya, orang tua murid tentu ingin mengetahui secara transparan sumbangan sukarela yang dipungut untuk apa keguanaanya. "Jika jelas keguanaanya, jelas realisasinya, tentu orang tua murid tak akan keberatan," pungkasnya.

(by/arman)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »