PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Top! Jokowi akan Resmikan Jembatan Terpanjang di Papua

          Top! Jokowi akan Resmikan Jembatan Terpanjang di Papua
Jokowi akan Resmikan Jembatan Terpanjang di Papua.
Top! Jokowi akan Resmikan Jembatan Terpanjang di Papua
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal meresmikan Jembatan Holtekamp yang merupakan jembatan terpanjang di Papua.

Hal ini dikemukakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai hadir dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka.

"Katanya Sabtu [Jokowi terbang ke Papua]. Itu memang presiden yang ke sana," jelas Basuki di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.

Jembatan Holtekamp menjadi salah satu mega proyek infrastruktur periode pertama. Jembatan yang berlokasi di Teluk Jayapura ini merupakan komponen penting dari jaringan jalan Trans Papua sepanjang 4.325 km.

Pembangunan jembatan ini telah dimulai pada 9 Mei 2015 lalu yang peletakan batu pertamanya diresmikan oleh Jokowi sendiri dengan nama Jembatan Layang Hamadi - Holtekamp.

Jembatan dengan panjang total 733 meter ini menghubungkan daerah Hamadi di Distrik Jayapura Selatan yang berada di sisi barat jembatan dan daerah Holtekamp di Distrik Muara Tami di sisi timur jembatan.

Keberadaan jembatan ini bisa mempersingkat waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Skow, Distrik Muara Tami yang merupakan perbatasan RI-Papua Nugini.

Adapun pembangunan jembatan terpanjang di Papua ini adalah Konsorsium PTPP (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero) Tbk‎ dan PT Nindya Karya (Persero).

Biaya pembangunan jembatan diperkirakan mencapai Rp 1,5 triliun yang didanai secara patungan (cost sharing) dari APBN untuk Jembatan Utama.

Sementara itu, pembangunan ini juga melibatkan APBD Provinsi Papua untuk Jembatan pendekat arah Holtekamp, serta APBD Kota Jayapura untuk mendanai pembangunan Jalan pendekat arah Hamadi dan pembebasan lahan.

Basuki mengemukakan, kegiatan Jokowi nantinya tak hanya meresmikan jembatan tersebut melainkan juga meninjau kondisi pasca kerusuhan yang sempat terjadi di Jayapura.

(Source: cnbcindonesia.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *