Ubah Pancasila Jadi Pancagila, Pemuda Kalbar Ditangkap Polisi

Ubah Pancasila Jadi Pancagila, Pemuda Kalbar Ditangkap Polisi
BENTENGSUMBAR.COM -  Polda Kalimantan Barat menangkap seorang pemuda berinisial GP (24) yang diduga melakukan penghinaan terhadap lambang negara karena mengubah nama Pancasila menjadi 'Pancagila'.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes (Pol) Mahyudi Nazriansyah mengatakan pengungkapan kasus itu bermula dari patroli media sosial yang dilakukan oleh Subdirektorat 5/Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar.

Kepolisian kemudian menemukan akun yang mengunggah dan mengubah Pancasila dan bunyi ke lima Pancasila menjadi "Pancagila".

"GP diamankan [pada] Rabu (2/10) karena mem-posting lambang negara yang diubah menjadi pancagila dan mengubah bunyi Pancasila. Ini merupakan hasil patroli media sosial yang dilakukan anggota siber, dan dilakukan profiling," ungkapnya, Kamis, 3 Oktober 2019.

Subdit 5 Direktorat Reskrimsus Polda Kalbar pun berkoordinasi dengan Polsek Siantan, Kalbar, untuk mengamankan pelaku yang berasal Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah.

"Saat ini pelaku sudah diamankan Subdit 5 untuk dilakukan pemeriksaan dan pemberkasan. Rencananya juga akan berkoordinasi dengan ahli bahasa dan pidana," tambahnya.

Menurut Mahyudi, GP terancam dikenakan pasal 45A ayat (1) Jo pasal 28 ayat (1) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan Pasal 68 UU No. 24/2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Mahyudi juga meminta masyarakat untuk menggunakan medsos dengan bijak, dengan tidak mengunggah hal yang sifatnya berdampak negatif.

"Mari kita gunakan medsos dengan bijak, dan tidak ikut menyebarkan berita bohong atau hoaks," katanya.

(Source: cnnindonesia.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »