Mendikbud: Tahun Depan Mata Pelajaran PMP Diajarkan Kembali

Mendikbud: Tahun Depan Mata Pelajaran PMP Diajarkan Kembali
BENTENGSUMBAR.COM -  Pemerintah berencana kembali menerapkan mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang sempat diwajibkan era Presiden Soeharto. Saat ini pemerintah sedang mengkaji tentang mata pelajaran tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, sebelumnya mata pelajaran PMP digabung dengan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKN), namun lebih menekankan pada pengetahuan dibandingkan nilai-nilai moral Pancasila. Padahal penanaman nilai-nilai Pancasila harus dilakukan melalui perilaku.

"Ini kami sedang melakukan evaluasi kurikulum formalnya, yaitu mata pelajaran PPKN dan saat ini dipelajari dan dikaji akan dipisahkan kembali. Jadi ada PPKN dan ada PMP juga," ujar Muhadjir usai menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2019.

Saat ini, kata dia tengah merumuskan bagaimana mata pelajaran PMP tersebut tidak menambah beban siswa karena ada juga program penguatan pendidikan karakter.

"Kalau semuanya berjalan lancar, kemungkinan mulai tahun depan PMP bisa diajarkan kembali," ucapnya.

(Source: inews.id)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »