Ma'ruf Amin Tekankan Kerjasama Semua Pihak Perangi Radikalisme

Ma'ruf Amin Tekankan Kerjasama Semua Pihak Perangi Radikalisme
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan pentingnya bahaya radikalisme yang tengah melanda Indonesia akhir-akhir ini. untuk memerangi radikalisme, ia mengatakan perlu kerjasama semua pihak.

Hal ini diungkapkan Ma'ruf Amin saat mengisi kuliah tamu di Universitas Islam Malang (Unisma) Malang, pada Rabu siang, 27 November 2019.

"Saya mengapresiasi gerakan antiradikal yang digalangkan Unisma. Ini sangat relevan dengan situasi saat ini yang dapat mengancam kehidupan bernegara, sebagai umat Islam dan khususnya Nahdlatul Ulama," ujar Ma'ruf Amin.

Radikalisme akhir-akhir ini disebutnya mendompleng tatanan kehidupan bernegara dan berbangsa dengan dalih agama, suku, maupun kelompok tertentu untuk mendapatkan tujuan tertentu dan harus diperangi bersama.

"Radikalisme banyak mendompleng unsur kehidupan kenegaraan dan kebangsaan. Radikalisme dengan dalih agama, suku, maupun kelompok tertentu. Ini penyakit yang harus sama-sama kita perangi bersama untuk kehidupan lebih baik," tuturnya.

Dalam upaya memerangi radikalisme diperlukan kerjasama semua pihak, tak hanya mulai dari hulu hingga hilir, tapi juga pemberian imunisasi kepada masyarakat supaya tak terserang radikalisasi.

"Saya meyakini deradikalisasi harus dilakukan dari hulu sampai hilir, tapi juga imunisasi supaya masyarakat imun. Dimulai dari pendidikan, pesan lembaga pendidikan menjadi sangat penting. Gerakan Unisma antiradikalisme akan sangat berperan memerangi radikalisme untuk meningkatkan imunitas masyarakat. Harus dilakukan dari tingkat paling bawah mulai PAUD sampai perguruan tinggi," tuturnya.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan kunjungannya ke sejumlah lokasi di Kota Malang sepanjang hari. Ia mengawali agendanya dengan kunjungan ke Universitas Brawijaya guna menghadiri International Halal and Thayyih Conference 2019.

Kemudian, Ma'ruf Amin yang didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri kuliah tamu dan perayaan Dies Natalis ke - 39 Unisma sekaligus mendeklarasikan gerakan antiradikal di kampus tersebut.

Sore harinya, Ma'ruf Amin diagendakan mengunjungi Desa Tangkilsari, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, untuk meninjau pencegahan stunting.

(Source: okezone.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »