PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Pemko Padang Berdayakan Bakohumas Optimalkan Publikasi Instansi

          Pemko Padang Berdayakan Bakohumas Optimalkan Publikasi Instansi
Pemko Padang Berdayakan Bakohumas Optimalkan Publikasi Instansi.
Pemko Padang Berdayakan Bakohumas Optimalkan Publikasi Instansi
BENTENGSUMBAR.COM - Citra dan reputasi positif merupakan aset nonfisik bagi sebuah organisasi. Ia tidak dapat dibeli, tetapi dapat diusahakan perwujudannya, salah satunya dengan menyajikan konten publikasi yang positif di media massa mengenai aktivitas organisasi, agar khalayak tahu apa yang sedang diupayakan organisasi untuk kesejahteraan mereka.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul mewakili Wali Kota Padang pada kesempatan membuka secara resmi kegiatan Pemberdayaan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Kota Padang Tahun 2019, dengan tema “Peran Bakohumas Mengoptimalkan Publikasi Pemerintah Kota Padang” di Ruang Pertemuan Abu Bakar Ja’ar Balaikota Padang, Aie Pacah, Rabu, 27 November 2019.

“Era keterbukaan informasi membuat masyarakat ingin tahu banyak hal, termasuk kinerja pemerintah. Sebab itu, pertemuan Bakohumas Kota Padang Tahun 2019 ini menargetkan setiap OPD di lingkungan Pemko Padang dapat mengoptimalkan diseminasi informasi dari masing-masing unit kerja melalui berbagai jenis media massa, termasuk media online dan media sosial. Hal ini dilakukan dalam upaya membangun citra positif pemerintah di mata masyarakat, sehingga dukungan terhadap berbagai program, kegiatan maupun kebijakan pemerintah dapat diraih,” jelas Amasrul.

“Ikutilah kegiatan ini dengan serius, karena konten lokal yang bapak/ibu buat nantinya dapat saja berefek global. Artinya, bapak/ibu akan sangat berperan untuk Kota Padang yang mendunia. Bersinergi dan berkoordinasilah, maksimalkan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing OPD untuk menyuplai data maupun menyajikan berbagai informasi yang dapat mendongrak citra positif Pemko Padang, karena hakikatnya hal ini tidak menjadi tugas Bagian Humas semata,” tegasnya.

Senada dengan Sekda, Kabag Humas Setdako Padang Edi Dharma mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang pentingnya mengoptimalkan publikasi positif mengenai program, kegiatan dan kebijakan pemerintah, sebagai modal untuk mendapatkan kepercayaan dan partisipasi publik dalam setiap kebijakan dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, juga untuk membangun koordinasi, integrasi, sinergi dan sikronisasi sumber daya antar anggota Bakohumas Padang, terutama dalam menjaga citra positif Pemko Padang, karena tanggung jawab untuk hal itu sejatinya merupakan sinergi antar OPD.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Analis Publikasi Humas Kota Padang Ulil Amri Abdi tersebut diikuti oleh sebanyak 60 orang peserta yang berasal dari OPD Pemko Padang dan instansi terkait lainnya. Bertindak sebagai narasumber yaitu: Nur Imrotus dan Firmansyah dari Indonesia Indicator, perusahaan monitoring dan riset media terkemuka di Indonesia yang memaparkan tentang “Kinerja Pemko Padang Berbasis Big Data dan Analisis Media”;

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat Heranof Firdaus dengan bahasan mengenai “Peran Humas dalam Pembangunan, Kerjasama dengan Media Massa dan Pemanfaatan Medsos untuk Meraih Dukungan Masyarakat”; dan Kabag Humas Setdako Padang Edi Dharma yang menyajikan paparan mengenai Peran Bakohumas Mengoptimalkan Publikasi Pemko Padang.

(BT/RM/Adifa)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *