Rakyat Galau, Wakil Rakyat Doyan Kunker

Rakyat Galau,  Wakil Rakyat Doyan Kunker
KETIKA kampanye,  para calon wakil rakyat berusaha mendapatkan hati rakyat.  Berbagai jurus dilancarkan agar rakyat mau memilih mereka.

Namun,  setelah rakyat memilih mereka dan amanah itu mereka dapatkan,  rakyat justru banyak yang kecewa.

Rakyat kecewa,  setelah dilantik sebagai wakil rakyat,  mereka tidak sesuai harapan.

Rakyat mengharapkan,  setelah mereka dilantik dan mulai bekerja,  yang mereka urus betul-betul kepentingan rakyat yang mereka wakili.

Tapi kenyataannya,  wakil rakyat atau anggota dewan malah disibukkan dengan kunjungan kerja dalam rangka penyusunan Peraturan Daerah atau Perda.

Padahal,  Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forkopimda se Indonesia beberapa waktu lalu meminta anggota dewan dan pejabat daerah jangan terlalu sering melakukan kunjungan kerja.

Akhirnya,  karena harapan tak sesuai kenyataan,  rakyat pun galau dan antipati terhadap wakil rakyat.  Bahkan, tak sedikit yang menyatakan penilaian yang kurang baik yang kadang menjurus kepada sumpah serapah.

Hal ini dapat kita lihat dari postingan rakyat di media sosial terkait kinerja wakil rakyat. 

Maka, sudah sepatutnya wakil rakyat untuk menyikapi imbauan Presiden Joko Widodo.  Kurangi kunker,  fokus mengurus rakyat di daerah masing-masing,  sehingga rakyat mencapai kesejahteraan yang dicita-citakan.

Anggaran yang dianggarkan sampai miliaran rupiah untuk kunker tersebut,  dapat dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat. Seperti untuk membangun sekolah, jalan,  drainase,  jembatan,  bantuan untuk orang miskin,  dan lain sebagainya.

Sesuai imbauan Presiden Joko Widodo,  daerah jangan terlalu banyak bikin aturan,  apakah itu Perda atau Pergub,  Perwako dan Perbub yang justru membuat rakyat susah karena dibebani terlalu banyak peraturan.

Jika pembuatan Perda dikurangi,  maka alasan wakil rakyat untuk melakukan kunker ke luar daerah akan berkurang.  Paling banter mereka akan memanfaatkan perjalanan perseorangan atau perjalanan pimpinan.

Ditulis Oleh: Zamri Yahya
Anggota Biasa PWI Sumbar dan Wartawan Utama di Media Online BentengSumbar. com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »