Wako Mahyeldi: Rakor Koperasi Dalam Rangka Mencari Solusi Koperasi Bermasalah

Wako Mahyeldi:  Rakor Koperasi Dalam Rangka Mencari Solusi Koperasi Bermasalah
BENTENGSUMBAR.COM - Rapat Koordinasi (Rakor) sangat penting, strategis dan efektif dalam rangka mencari solusi terhadap permasalahan Koperasi di Kota Padang.

"Baik itu Koperasi konvensional maupun koperasi Syariah," ucap Walikota Padang Mahyeldi ketika membuka Rapat koordinasi dan evaluasi hasil monitoring pengendalian dan pengawasan, kamis, 5 Desember 2019 di Padang.

Walikota Padang Mahyeldi juga menyampaikan koperasi merupakan suatu gerakan ekonomi kerakyatan yang mampu meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.

"Rakor ini juga merupakan tindak lanjut dari monitoring evaluasi yang sudah dilaksanakan ditingkat kecamatan, dan dilanjutkan tingkat kota dengan melibatkan Camat dan Kapolsek,fasilitator kecamatan dan pengurus serta pengelola KJKS/KSPPS," sebut Mahyeldi.

Menurutnya, tujuan Pengawasan yang dilakukan Dinas Koperasi dan UKM Padang tidak lain dalam rangka penerapan kepatuhan terhadap peraturan dan perundangan-undangan, pemeriksaan kelembagaan, pemeriksaan usaha simpan pinjam dan penerapan sanksi.

"Dalam rangka meningkatkan sinergitas antara pusat dan daerah dalam melaksanakan fungsi pengawasan koperasi telah dibentuk Satuan Tugas Pengawas Koperasi di daerah baik provinsi maupun kota dan kabupaten," Walikota Padang dihadapan 11 Kapolsek se kota Padang dan hanya dihadiri satu Camat, yaitu Camat Kuranji.

Walikota juga berpesan, dengan adanya Satgas Pengawas Koperasi diharapkan sebagai upaya meningkatkan kinerja pengawasan di kota Padang.

Dalam pemeriksaan koperasi,menurut Walikota Mahyeldi, ada tiga aspek yang menjadi fokus utama pemeriksaan yaitu kepatuhan legal,kepatuhan usaha dan keuangan serta kepatuhan transaksi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Syuhandra dalam laporan kegiatan menjelaskan, jumlah peserta yang mengikuti rapat koordinasi pengawasan yang diikuti 150 peserta terdiri Kapolsek se kota Padang dan hanya dihadiri oleh satu orang Camat yaitu Camat Kuranji dari 11 Camat yang diundang untuk kegiatan rakor pengawasan koperasi.

"Peserta yang mengikuti rapat koordinasi terdiri dari pengelola, pengawas koperasi konvensional, pengurus dan pengelola KJKS/KSPPS di kota Padang," sebut Syuhandra yang juga didampingi Kabid Pengawasan Amrizal Rengganis.

(by/rel)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »