Jokowi Sebut Banjir DKI Gara-gara Sampah, Anies Malah Bilang Begini

Jokowi Sebut Banjir DKI Gara-gara Sampah, Anies Malah Bilang Begini
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, tidak ditemukan banyak sampah sekali pun. Meski, Halim adalah salah satu lokasi banjir di Jakarta. 

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, ia tidak terlalu yakin jika sampah dituding sebagai salah satu sebab banjir seperti sempat diungkapkan Presiden Joko Widodo.

"Di Halim itu, setahu saya tidak banyak sampah. Tetapi, bandaranya kemarin tidak bisa berfungsi (karena banjir). Apakah ada sampah di bandara?" ujar Anies di sela-sela meninjau banjir di Kampung Pulo, Jakarta, Kamis 2 Januari 2020.

Anies menyampaikan, ia memiliki pandangan bahwa banjir disebabkan banyak faktor. Salah satu faktor yang kuat adalah tingginya curah hujan di beberapa titik seperti diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Kalau kita lihat, titik-titik banjir dengan titik-titik ramalan BMKG itu hampir simetris," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, sekali pun begitu, ia belum ingin berdebat tentang sebab banjir. Hal yang dinilai perlu lebih diprioritaskan saat ini, adalah evakuasi serta penanganan atas ribuan warga yang terdampak banjir.

"Jadi pada fase ini, saya selalu katakan, kita fokus pada penyelamatan warga, fokus pada evakuasi warga," ujar Anies.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo menyebut penyebab banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek terjadi, lantaran kerusakan ekosistem dan kerusakan ekologi. Tak hanya itu, dia mengatakan, perilaku masyarakat yang suka buang sampah sembarangan juga merupakan penyebab dari banjir awal tahun ini.

"Karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada. Tetapi, juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana, banyak hal," kata Jokowi di gedung BEI, Jakarta, Kamis.

(Source: vivanews.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »