Di Tengah Wabah Virus Corona, Siswa Siswi di Sumbar Tetap Mengikuti UNBK

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah wabah virus corona yang melanda dunia dan meresahkan masyarakat, siswa siswi di Sumatera Barat tetap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada Selasa, 17 Maret 2020, melakukan monitoring pelaksanaan UNBK di SMK 1 Padang yang berlokasi di Kampung Kelawi Kecamatan Kuranji.

Di sekolah ini, ada 400 orang siswa sedang berjuang mengikuti  dengan membaginya menjadi tiga Shif. "Alhamdullilah semua berjalan baik, peralatan lengkap dan anak-anak kita menjalankan ujian dengan seksama," ungkap Nasrul Abit didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sumbae, Adib Alfikri.

Ia mengatakan, pengawasan ujian dilakukan dengan jarak yang cukup jauh dan tidak leluasa di ruangan ujian. "Saya saja hanya melihat dan memonitoring dari luaran saja. Agar siswa-siswa kita dapat konsentrasi dengan baik menyelesaikan soal-soal ujian," ujarnya.

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus mendorong peningkatan mutu pendidikan agar tamatan SMA-SMK mampu menjadi yang terbaik dalam persaingan global saat ini.

"Yang SMA dapat nilai baik untuk dapat melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi dan dapat terima diperguruan tinggi favorit. Jika tamatan SMK memang kita dorong untuk memasuki pasar kerja dengan kualitas skil dan kemampuan diri yang tangguh berdaya saing. Semoga siswa-siswa kita yang ujian saat ini mendapat nilai terbaik dan memiliki peluang terbaik pula, aamin," harapnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Sumbar Adib Alfikri mengatakan, persiapan pelaksanaan UNBK tahun ini telah melalui rapat dan koodinasi dengan pihak PLN dan Telkom. Jika ada kendala listrik dan jaringan internet dapat segera diatasi dengan cepat dan baik sehingga tidak menganggu jalannya UNBK ini.

"Berkaitan soal surat edaran Gubernur tentang antisipasi virus corona ( Covid 19), kita tidak meliburkan siswa dan tetap melaksanakan ujian sebagaimana biasa karena status lingkungan kita belum terlihat adanya penyebaran virus tersebut. Namun kita tetap melakukan antipasi dimana kegiatan ektra School di luar sekolah, seperti acara perpisahan dan lain-lain tidak dilakukan tahun ini," pungkasnya.

Adib mengatakan, pihaknya juga akan menyiapkan edaran untuk menindaklanjuti surat edaran Gubernur Sumbar sebagai tindak fokus pada proses belajar dan mengajar di lingkungan sekolah-sekolah.

(by/hms-Sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »