Emma Yohana Sebut Tiga Sektor Ini Penggerak Roda Perekonomian Pasbar

BENTENGSUMBAR.COM - Sektor pertanian, perikanan dan perdagangan merupakan penggerak roda perekonomian terbesar di Kabupaten Pasaman Barat. Untuk itu, anggota DPD RI Hj. Emma Yohana meminta Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat memberikan perhatian serius pada sektor tersebut.

"Untuk menunjang Kesejahteraan masyarakat, ini harus diperhatikan dan ditanggapi dengan baik dan menjadi tugas bagi kita semua," kata anggota Komite II DPD RI itu, Kamis,  12 Maret 2020.

Setiap berkunjung ke Kabupaten Pasaman Barat, kata Hj. Emma Yohana, masyarakat selalu mempertanyakan ketiga sektor tersebut. Dimana, masyarakat kurang merasakan sentuhan dan perhatian serta pengawasan dari Pemerintah Daerah.

"Agar masyarakat merasa aman, tentu perlu rasanya dilakulan revisi UU terkait pertanian. Seperti, tidak adanya izin alih fungsi lahan dari persawahan menjadi perumahan dan perkebunan kelapa sawit dan ini harus diseriusi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat," tegasnya.

Ia juga mengatakan, selain persoalan alih fungsi lahan yang kerab terjadi, persoalan tentang kelangkaan Pupuk Bersubsidi juga merupakan Keluhan terbesar petani di Pasaman Barat.

"Selain terkait dengan harga pupuk yang mahal, untuk mendapatkan pupuk itupun masyarakat juga kesulitan untuk mendapatkannya, padahal pupuk itu adalah satu kebutuhan utama bagi para petani," ungkap Emma.

Menanggapi Penyampaiaan anggota DPD RI asal Sumatera Barat itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Pasaman Barat, Sukarli, menyampaikan pendapatnya, bahwa ia setuju apabila UU Pertanian itu direvisi. Karena banyak ditemukan hal-hal yang tidak sesuai dilapagan.

"Contoh, banyaknya jumlah lahan sawah yang sudah dialih fungsikan menjadi perumahan. Karena, data dari ATR BPN tidak sesuai dengan dilapangan, sehingga sangat sulit untuk menjalankan program-program dari DTPHP," ungkap Sukarli.

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »