Maisar: Banyak Masyarakat yang Bertanya, Kapan Didefinitifkan Nagari Persiapan Ini

BENTENGSUMBAR.COM - Sejumlah perangkat Wali Nagari persiapan se Kecamatan Pasaman mengadakan acara pertemuan rutin bulanan di Gedung Pengamat Wilayah I PSDA Provinsi Sumbar Nagari Persiapan Pinaga Aua Kuniang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu, 21 Maret 2020.

Forum Perangkat Nagari Persiapan se kecamatan ini, terdiri dari 13 Nagari Persiapan yang dipecah dari tiga nagari induk se Kecamatan Pasaman.

Ketua Forum Nagari Persiapan, Maisar mengatakan, pertemuan ini bertujuan untuk menjaga silaturrahmi antara seluruh perangkat Wali Nagari persiapan, serta menjaga persatuan dan kesatuan seluruh Perangkat Wali Nagari persiapan se Kecamatan Pasaman agar saling berbagi informasi dan sinergritas dalam hal yang positif, untuk kemajuan Pasaman Barat.

Maisar juga mengatakan, acara ini dihadiri Bupati Pasaman Barat yang diwakili Camat Pasaman, guna untuk memperoleh perkembangan informasi - informasi tentang kemajuan Nagari Persiapan.

"Banyak masyarakat kita yang bertanya-tanya, kapan didefinitifkannya Nagari Persiapan ini," ujarnya

Ia juga berharap, dalam proses Registrasi Nagari Persiapan yang hanya tinggal 2 bulan lagi, agar secepatnya Nagari persiapan ini menjadi Nagari definitif.

"Kami, seluruh perangkat wali Nagari persiapan sekecamatan Pasaman, berharap, semoga acara pertemuan di Forum ini adalah pertemuan terakhir untuk Nagari Persiapan dan semoga secepatnya menjadi Nagari Definitif," lanjutnya.

Bupati Pasaman Barat Yulianto melalu Camat Pasaman Ayub Pramudia mengatakan, jabatan wali Nagari adalah jabatan yang dipilih oleh masyarakat, amanah oleh masyarakat, dan PNS pun bisa maju untuk menjadi wali Nagari definitif.

"Pj wali Nagari persiapan harus PNS dan berasal dari lingkungan daerah Kabupaten Pasaman Barat, berbeda dengan Nagari induk yang bisa dari PNS ataupun masyarakat biasa," katanya.

Ia juga menambahkan, pj wali Nagaripun bisa mencalon untuk menjadi wali Nagari induk, tapi dengan syarat persetujuan dari pimpinan, yaitu Bupati ataupun melalui camat.

"Kita berharap, pertemuan Forum ini, Jangan berhenti sampai disini, walaupun sudah menjadi nagari definitif nantinya, semoga forum ini dapat berlanjut untuk kedepannya," ungkapnya.

"Acara pertemuan forum ini sangat bagus, karena kegiatan ini, merupakam tempat bertukar informasi dalam ilmu pengetahuan, serta silaturrahmi dan koordinasi demi kemajuan nagari di Kabupaten Pasaman Barat," ia menambahkan.

Disisi lain, Pj wali nagari persiapan pinaga aua kuniang, Irwan, selaku tuan rumah pada acara pertemuan forum ini mengatakan, bahwa  pertemuan hari ini, Sabtu, 21 Maret 2020 merupakan pertemuan yang ke-7 se Kecamatan Pasaman.

"Dengan diadakannya pertemuan ini, semoga kedepannya kita semakin akrab dan saling merangkul untuk kemajuan Nagari di Pasaman Barat ini," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa, pada tanggal 25 Februari 2020 kemaren, seluruh Pj walinagari dan Sekretaris Nagari (sekna) juga Seluruh perangkat Wali Nagari induk se Kabupaten Pasaman Barat, melakukan pertemuan di audiotorium Kantor Bupati Pasam Barat, untuk memperjuangkan Nagari definitif.

"Secara bersama-sama, kita memperjuangkan Nagari Persiapan ini, dan Perangkat Nagari tidak akan ditukar sampai umur 60 tahun, kecuali mengundurkan diri, atau hal-hal tertentu," tutupnya.

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »