MTQ Padang Utara Ditutup Kabag Kesra, Ulak Karang Utara Juara

BENTENGSUMBAR.COM - Tuan rumah Kelurahan Ulak Karang Utara (UKU) akhirnya tampil sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-39 tingkat Kecamatan Padang Utara yang berakhir Minggu, 15 Maret 2020 malam.

Juara kedua diraih kafilah Kelurahan Lolong Belanti dan peringkat ketiga ditempati Kelurahan Gunung Pangilun.

Kegiatan MTQ yang berlangsung selama tiga hari itu ditutup secara resmi oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra), Amriman M mewakili Walikota Padang.

"Atas nama Walikota Padang, kegiatan MTQ ke-39 tingkat Kecamatan Padang Utara ini resmi saya tutup," ungkap Amriman yang disambut tepuk tangan hadirin.

Dalam sambutannya, Kabag Kesra mengimbau kepada masyarakat Kota Padang khususnya di Kecamatan Padang Utara untuk gemar membaca Al-Qur'an. Baik di mesjid/mushalla, di sekolah, di kantor/tempat bekerja atau dimana saja asal tempatnya suci.

Manfaatnya sangat banyak, selain bernilai ibadah dan menjadi obat penenang hati yang gelisah juga bisa menjauhkan generasi muda Islam dari pengaruh-pengaruh negatif.

"Kita cukup prihatin melihat pengaruh negatif yang melanda Kota Padang pada khususnya dan Sumbar pada umumnya, akhir-akhir ini. Betapa tidak, hasil survey menunjukkan bahwa peredaran narkoba cukup tinggi di bumi Ranah Minang tercinta ini. Padahal kita terkenal dengan filosofi adat basandi syara' dan syara' basandi kitabullah," tutur Amriman dengan nada prihatin.

Untuk itu, lanjutnya, satu-satunya cara mencegah dari pengaruh negatif itu adalah membentengi diri dengan memperkuat keimanan kepada Allah SWT.  Jika dibiarkan, maka azab Allah pasti datang.

"Rasulullah pernah berkata ada tiga hal yang membuat murka (azab) Allah jadi batal ditimpakan pada suatu negeri, yakni jika masyarakat di suatu negeri itu masih meramaikan masjid. Kedua sholat tahajud di tengah malam dan terakhir memperkuat ukhuwah Islamiyah," tukasnya mengingatkan.

Sementara itu, Camat Padang Utara, Fajar Sukma dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Kecamatan Padang Utara di Kelurahan Ulak Karang Utara sudah berjalan sukses dan lancar.

"Kita memberikan apresiasi kepada panitia atas terlaksananya MTQ Kecamatan Padang Utara dengan sukses dan lancar. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada tuan rumah Kelurahan Ulak Karang Utara," ucap camat seraya memberikan apresiasi.

Camat berpesan, hendaknya selesai pelaksanaan MTQ ini minat baca Al-Qur'an masyarakat harus meningkat.
Janganlah Al-Qur'an itu dibaca ketika ada perlombaan saja atau di saat ada kematian.

"Usai MTQ ini, mari kita tingkatkan minat baca Al-Qur'an. Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an itu bisa menentramkan hati dan menjauhkan diri kita dari mara bahaya," pesan Fajar Sukma.

Terakhir, ia mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba dan bagi yang belum berhasil janganlah bersedih atau berputus asa.

"Anggap saja sukses yang tertunda," tutupnya. 

(noa)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »