Sumbar

Wabah Covid-19 di Zona Merah, Ketua MUI Sumbar Imbau Umat Salat Id di Rumah Aja

          Wabah Covid-19 di Zona Merah, Ketua MUI Sumbar Imbau Umat Salat Id di Rumah Aja
Foto: Buya Gusrizal Datuak Palimo Basa. Wabah Covid-19 di Zona Merah, Ketua MUI Sumbar Imbau Umat Salat Id di Rumah Aja.
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar, Buya Gusrizal Datuak Palimo Basa menegaskan, salat Idul Fitri disaat daerah terjangkit wabah Covid-19 atau daerah penularan yang tidak terkendali, maka dilaksanakan bersama keluarga inti di rumah saja. 

"Jangan dilaksanakan di masjid ataupun di lapangan. Hal itu sebagai upaya antisipasi penularan virus korona," ujarnya pada Webinar Peranan Ninik Malam Dalam Percepatan Penanggulangan Wabah Covid-19 di Sumatera Barat, Rabu, 20 Mei 2020.

Dikatakannya, jika ada masyarakat yang ingin salat Id di lapangan atau masjid, maka pemerintah daerah harus bisa memastikan dulu bahwa daerah tersebut warganya tak ada satupun yang terjangkit virus Covid-19. 

Menurutnya, pemda harus berkoordinasi dengan organisasi keagamaan dan tokoh masyarakat di wilayah tersebut.

"Harus memastikan daerah yang minta salat Id tersebut telah benar-benar aman dari paparan Covid-19. Daerah tersebut tidak ada warga yang pernah terinfeksi Covid-19 atau daerahnya masuk zona hijau," pungkasnya.

Buya Gusrizal menjelaskan, penyelenggaraan Idul Fitri 1441 di Sumbar tetap tidak keluar dari ketentuan-ketentuan Maklumat MUI Sumbar Nomor: 007/MUI-SB/IV/2020. 

“Yaitu tidak melakukan ibadah salat berjamaah di lapangan maupun di masjid mengingatkan perkembangan penularan Covid-19 di Sumbar," urainya.

Bagi daerah-daerah yang tetap melaksanakan salat Id bisa ditunaikan selama ada jaminan dan pengawasan dari pemerintah setempat. 

"Dengan memberikan memberikan fasilitas kepada umat untuk menunaikan ibadah sehingga tidak mengantarkan diri mereka ke dalam kebinasaan," tegasnya.

Apabila, katanya, tidak ada jaminan tersebut, maka MUI Sumbar tidak merekomendasikan penyelenggaraan salat Idul Fitri 1441 H secara berjamaah di lapangan maupun di masjid

"Untuk itu, bupati dan wali kota bersama forkompimda jika harus mengizinkan salat Id di zona hijau, namun tetap perhatikan keselamatan jemaah dari Covid-19," harapnya. 

(by/hms-sumbar)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: