5 Calon Berlaga dalam Pemilihan Anggota Bamus di Kejorongan Durian Hutan di Nagari Aia Gadang

BENTENGSUMBAR.COM - Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari di Kejorongan Durian Hutan, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat yang digelar di MTS Yaptip, Jumat, 26 Juni 2020, diikuti oleh lima orang calon yang dipilih dengan cara pemilihan langsung.

Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin melalui Sekretaris Nagari Aia Gadang mengatakan, pemilihan Bamus Nagari kali ini merupakan pemilihan anggota Bamus Nagari Aia Gadang untuk periode 2020-2026 mendatang. serta pemilihan tersebut juga merupakan persiapan atas berakhirnya masa jabatan Bamus yang masih aktif sampai 7 Juli 2020.

"Bamus Nagari Aia Gadang yang masih aktif, masa jabatannya akan berakhir pada tanggal 7 Juli 2020 nanti, sehingga kita harus segera melakukan pemilihan untuk anggota Bamus yang baru," ujarnya.

Dikatakan Eka Putra, pemilihan anggota Bamus Nagari ini dilakukan dengan cara sistem Demokrasi dan pemungutan suara di ambil dengan pemilihan langsung.

"Tidak ada sedikit pun intervensi dari Nagari, di dalam sistem yang Demokrasi ini, semua orang memiliki hak yang sama untuk memilih dan dipilih, serta pemilihan anggota Bamus Nagari ini, semuanya tergantung kepada semua Pemilik hak suara," terangnya.

Ia berharap, siapun anggota Bamus Nagari yang terpilih maupun yang tidak terpilih, dapat terus bekerja sama, serta memberikan semua masukan-masukan dan kritikan, untuk membangun Nagari Aia Gadang.

"Baik calon Bamus yang kalah, maupun yang menang, jangan berkecil hati dan marilah kita bersama-sama membangun Nagari Aia Gadang ini agar lebih baik untuk kedepannya," ucap Eka.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pwmilihan Bamus Nagari Aia Gadang, Azwir mengatakan, dari empat calon Bamus yang mengikuti pemilihan, peserta bernama Saji memperoleh suara terbanyak yaitu, sebanyak 15 suara dari total keseluruhan Hak suara sebanyak 29 orang.

"Hasil hak pilih dari keterwakilan unsur Pemuda, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Ninik mamak tersebut, dimenangkan oleh Saji yang juga merupakan Bamus Nagari Aia Gadang Wilayah Jorong Durian Hutan yang masih aktif," jelasnya.

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »