Opini

Lifestyle

Sports

Bertambah 11 Orang Positif Covid-19 di Sumbar, Cluster Pasar Raya Tetap Juara

          Bertambah 11 Orang Positif Covid-19 di Sumbar, Cluster Pasar Raya Tetap Juara
Foto: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Bertambah 11 Orang Positif Covid-19 di Sumbar, Cluster Pasar Raya Tetap Juara.
BENTENGSUMBAR.COM - Jumlah warga Sumatera Barat yang dinyatakan positif Covid-19 terus bertambah. Lagi-lagi Cluster Pasar Raya menjadi juara.

"Hari ini, berdasarkan spesimen yang diterima dan diperiksa, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 11 (sebelas) orang," ungkap Jasman Rizal, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat.

Dikatakan Jasman, penambahan 11 orang warga Sumbar yang positif Covid-19 tersebut merujuk kepada laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc pada Kamis, 4 Juni 2020 pukul 08.00 WIB.

Tambahan tersebut berasal dari:

1. Kota Padang 9 (sembilan) orang, masih dari cluster Pasara Raya
2. Kab. Solok Selatan 1 (satu) orang
3. Kab Kep. Mentawai 1 (satu) orang

Dikatakan Jasman, total warga Sumbar yang telah terkonfirmasi positif sampai hari ini adalah 594 orang.

"Untuk tambahan sembuh dan rincian lain-lain akan kami sampaikan nanti sore," ungkap Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat ini.

Upaya Pemko Padang

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah pada Selasa, 2 Juni 2020 menegaskan, hingga saat ini Pemerintah Kota Padang telah melakukan Swab kepada pedagang sebanyak 1.772 orang. Dari hasil Swab tersebut terkonfirmasi positif virus corona sebanyak 239 orang. 

"Kita targetkan Swab ini sebanyak  2.000 orang sehingga mata rantai penyebaran virus Corona di Kota Padang dapat kita putus penyebarannya," ungkap Wako.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Al Gamar mengatakan, jelang pelaksanaan 'New Normal', jajarannya sedang melakukan sosialisasi kepada para pedagang. 

"Kita sedang sosialisasikan kepada para pedagang untuk memberikan jarak satu meter antara pedagang yang satu dengan yang lainnya, agar  penerapan 'New Normal'  berjalan dengan baik," jelasnya.

Dikatakannya, di kawasan Pasar Raya Padang telah ada dua pos pengamanan pendisiplinan yang ditempati oleh personel TNI, Polri dan instansi terkait. Yaitu di dekat Bioskop CGV  Padang (Bioskop Raya lama) dan di kawasana dekat simpang Air Mancur.

Sementara itu, Ketua IKAPPI Sumbar, Muhammad Yani (Amek) mengapresiasi Pemerintah Kota Padang yang telah melakukan tes Swab sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Kota Padang.

''Pasar Raya Padang termasuk pasar yang aman di banding pasar lain di Indonesia, karena sudah melewati tahapan pengecekan dan pengamanan serta telah menerapkan protokol kesehatan covid-19," ujarnya. 

(by)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *