Gubernur Irwan Prayitno: Pembangunan Pasar Rakyat Pariaman Sudah 57 Persen

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meninjau pembangunan Pasar Rakyat Kota Pariaman, Sabtu, 20 Juni 2020. Pada kesempatan itu, Gubernur Irwan didampingi Wali Kota Pariaman, Genius Umar dan Kementerian PUPR.

"Kita menyambut baik pembangunan Pasar Rakyat Kota Pariaman yang selama ini sudah terlalu sumpek dan padat. Dan revitalisasi ini tentu amat mendukung kemajuan fasilitas perekonomian  serta program pariwisata Kota Tabuik Pariaman," katanya.

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, pembangunan pasar rakyat ini merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

"Pembangunan ini merupakan program kementerian PUPR dan kementerian perdagangan dalam memajukan perekonomian daerah. Dengan ada pembangunan pasar rakyat akan memberikan kesan pasar rakyat lebih modren dimasa datangnya," ujarnya.

Gubernur Irwan Prayitno saat ditanya wartawan soal penerapan kerja pada tatanan normal baru produktifitas dan aman covid, tetap mengutamakan protokol covid.

"Kita tahu pekerjaan pembangunan pasar rakyat baru selesai 57 persen, tentu dalam melajutkan perkerjaan ini dimasa pandemi wabah covid diwajibkan pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Agar pekerjaan ini dapat berjalan lancar protokol kesehatan mesti disiplin sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona," ingat Irwan Prayitno.

Program revitalisasi pasar rakyat merupakan pelaksanaan dari Undang-undang nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan, pasal 13 ayat (1), (2) dan (3) yang mengamanatkan bahwa Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melakukan pembangunan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat guna peningkatkan daya saing dalam bentuk pembangunan dan/ atau revitalisasi pasar rakyat; implementasi manajemen pengelolaan yang profesional; fasilitasi akses penyediaan barang dengan mutu yang baik dan harga yang bersaing; dan fasilitasi akses pembiayaan kepada pedagang pasar di pasar rakyat.

Maksud dan tujuan revitalisasi atau pembangunan pasar rakyat adalah mendorong agar pasar rakyat lebih modern dan mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern, sehingga dapat meningkatkan omset pedagang pasar rakyat.

Disamping itu, meningkatkan pelayanan dan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen, sekaligus menjadikan pasar rakyat sebagai penggerak perekonomian daerah.

Selain itu, mewujudkan Pasar rakyat yang bermanajemen modern, lebih bersih, sehat, aman, segar dan nyaman, sehingga dapat menjadi tujuan tetap belanja konsumen serta referensi dalam pembangunan pasar-pasar lainnya.

Konsep dan Prinsip Revitalisasi Pasar Rakyat Program revitalisasi pasar rakyat Kemendag RI bukan hanya menyentuh perbaikan dari sisi perbaikan fisik saja, melainkan juga dari sisi ekonomi, sosial budaya dan manajemen.

(Zardi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »