Kontak dengan Pasien Positif, Hasil Swab 15 Orang Tenaga Medis di Pasbar Negatif

BENTENGSUMBAR.COM - Hasil Swab terhadap 15 orang Petugas Medis di Kabupaten Pasaman Barat yang terkonfirmasi melakukan kontak langsung dengan pasien positif berinisial W, dinyatakan negatif Covid-19. Hasil itu membuat para petugas medis beserta keluarga bisa bernafas lega dan beraktivitas seperti biasanya.

Juru Bicara Tim Teknis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasaman Barat, dr. Gina Alecia kepada BentengSumbar.com Kamis, 11 Juni 2020 mengatakan, semenjak pasien W dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pasaman Barat langsung melakukan tracking terhadap siapa saja yang telah melakukan kontak langsung dengan W untuk meminimalisir resiko penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat.  

"Dari hasil tracking tim satgas Covid-19 tersebut, kami menemukan sebanyak Lima Belas orang yang melakukan kontak langsung dengan W dan langsung dilakukan Tes Swab," ujar Gina. 

Lanjut Gina, setelah menunggu beberapa hari, hasil Swab dari Lima Belas orang tersebut telah keluar dengan hasil semuanya Negatif Covid-19.

"Alhamdulillah, semua yang di Swab hasinya Negatif Covid-19. Maka dari itu, sampai hari ini kondisi Pasaman Barat  masih dinyatakan aman. sebab pasien positif W, sudah melakukan isolasi di BPKSDM Padang dan dalam kondisi sehat. Sementara hasil swab dari salah seorang PDP yang dimakamkan kemarin juga negatif Covid-19," terang Gina. 

Gina berharap, selama pandemi covid-19, Satgas meminta masyarakat tetap mematuhi aturan dan himbauan dari Pemerintah. Meksi diberlakukannya Era New Normal Life, hal itu tidak akan merobah aturan protokol kesehatan covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Tetap patuhi semua Protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, mencuri tangan dan menjaga jarak, serta selalu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat," harap Gina. 

Sebagai informasi, Pasien Positif Covid-19 berinisial W, adalah salah satu Orang Tanpa Gejala (OTG) yang bekerja sebagai Petugas Lapas terbuka II B Kabupaten Pasaman Barat, yang di Tes Swab bersamaan dengan 4 orang binaan dan 27 Petugas Lapas lainnya pada beberapa waktu lalu.

Dari hasil Tes Swab kepada 32 orang OTG tersebut, hanya pasien W yang terkonfirmasi Positif Covid-19, sedangkan para OTG lainnya dinyatakan Negatif Covid-19, itu juga termasuk rekan satu rumah W. 

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »