Pemilihan Bamus Nagari Aua Kuning Dilakukan di Masing-masing Wilayah Kejorongan

BENTENGSUMBAR.COM - Pj Wali Nagari Aua Kuniang, Dasmon menghadiri acara pemilihan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Aua Kuniang wilayah pemilihan Jorong Padang Tujuh, di Gedung Pertemuan Padang Tujuh, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis, 11 Juni 2020.

Pada kesempatan itu, Dasmon mengatakan, pemilihan anggota Bamus Nagari ini dilakukan di masing-masing wilayah Kejorongan, dengan total kuota keseluruhan anggota Bamus Nagari tersebut sebanyak sembilan orang di Nagari Aua Kuniang. 

"Total Keseluruhan Bamus Nagari ini berjumlah sembilan orang yang dipilih di wilayah kejorongan masing-masing dan dari sembilan orang tersebut, sudah termasuk didalamnya keterwakilan untuk Bamus Perempuan," ujarnya saat dikonfirmasi BentengSumbar.com ketika telah selesai menghadiri acara tersebut. 

Dasmon juga mengatakan, pemilihan Bamus ini dilakukan dengan menegakkan sistem demokrasi, dimana setiap orang memiliki hak yang sama, yaitu hak memilih dan di pilih.

"Kita memilih sistem demokrasi, setiap orang berhak untuk maju sebagai calon anggota Bamus Nagari ini," terang Dasmon. 

Lanjut Dasmon, adapun tugas pokok dari Bamus Nagari ini adalah untuk sistem pengawasan semua tahapan-tahapan kinerja Wali Nagari atau staf Kenagarian lainnya. 

Selain itu, bamus juga memiliki tugas untuk menampung dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat, merancang peraturan dan menetapkan peraturan Nagari bersama Wali Nagari. 

"Kita ingin, semua anggota Bamus Nagari ini harus memiliki kemampuan untuk saling bersinergi dan berbagi informasi kepada pemerintah Nagari, agar tujuan bersama untuk memajukan Nagari dapat tercapai," harapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Bamus Nagari Aua Kuniang, Herman mengatakan, pemilihan anggota Bamus untuk Wilyah Pemilihan Jorong Padang Tujuh ini, telah di ikuti sebanyak 10 orang calon Bamus. Sedangkan untuk kuota Anggota Bamus di Jorong Padang Tujuh ini, hanya dipilih sebanyak dua orang yang memiliki suara terbanyak.  

"Calon anggota Bamus Nagari di jorong padang tujuh ini sebanyak 10 orang, setelah dilakukan pemilihan dan pemungutan suara, setelah suara dihitung, maka yang memiliki suara terbanyak dari nomor dua ter atas, akan menjadi anggota Bamus Nagari dari Perwakilan Jorong Padang Tujuh nantinya," terang Herman. 

(Rido) 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »