Opini

Lifestyle

Sports

PMI Pasbar Gelar Donor Darah Massal

          PMI Pasbar Gelar Donor Darah Massal
PMI Pasbar Gelar Donor Darah Massal.
BENTENGSUMBAR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat menggelar kegiatan donor darah massal, dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni setiap tahunnya.

Donor massal yang diadakan PMI Pasaman Barat ini, dilaksanakan di dua lokasi berbeda yaitu di Kampung Dua Mahakarya, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo dan di Wonosari, Nagari Persiapan Bancah Kariang, Kecamatan Kinali pada hari Minggu dan Senin, 14-15 Juni 2020. 

Kegiatan Donor Massal ini juga dilakukan PMI Pasaman Barat setelah lebih dari tiga bulan tidak dapat dilaksanakan akibat pandemi Covid-19. Juga, Kegiatan ini berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19 walaupun telah memasuki masa New Normal. Sebelumnya kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan, akibat adanya larangan untuk berkumpul.

"Selama ini, PMI Pasbar selalu rutin melaksanakan kegiatan donor darah ini setiap 3 bulan sekali guna untuk mencukupi kebutuhan permintaan darah dari masyarakat Pasbar yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasbar dan juga di Rumah Sakit Yarsi Ibnu Sina Simpang Empat," ujar Kepala Markas PMI Pasbar Rida Warsa Kepada awak media.

Dikatakan Rida warsa, selama melakukan Kegiatan Donor Massal ini, pihaknya berhasil memperoleh sebanyak 32 kantong Darah di Daerah Mahakarya dan 42 kantong Darah di Wonosari.

"Kita ucapkan terima kasih kepada seluruh pendonor. Semoga kegiatan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua didalam membantu sesama," katanya.

Lanjutnya, pada kesempatan ini, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada relawan yang menjadi penggerak atau motivator di daerahnya masing masing untuk melaksanakan donor darah massal ini.

"Kita juga mengapresiasi sikap mulia dari para relawan kita yang aktif sebagai motivator didalam mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk ikut donor darah serta aktif melakukan kegiatan tersebut," ucapnya.

Selain itu, PMI Pasbar juga mengadakan MoU dengan tiga Nagari Persiapan di wilayah IV koto Kinali yaitu Nagari Persiapan Bancah Kariang Wonosari, Nagari Persiapan Mudiak Labuah Sidomulyo dan Nagari Persiapan Tandikek Sumber Agung. 

MoU itu berkaitan dengan komitmen Nagari Persiapan untuk mendukung sepenuhnya pelaksanaan donor darah massal secara rutin setiap 3 bulan.

"Selain itu, kita juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan Ambulans jenazah gratis untuk warga di tiga Nagari tersebut," tambahnya.

Kali ini ada dua orang relawan PMI Pasbar yang mendapat penghargaan dari PMI Pasbar, mereka adalah Sutrisno dan Eko Supriyono.

"Kami sangat berterimakasih kepada bapak Sutrisno dan Bapak Eko yang bersedia menjadi motivator penggerak di masyarakat untuk kegiatan donor darah massal ini. Kami berharap akan lahir dan tumbuh penggerak-penggerak lainnya di Pasaman Barat yang bersedia bahu-membahu bersama PMI menjalankan amanah kemanusiaan ini," tandasnya mengakhiri. 

(Rido)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *