Konfercab NU Padang Pariaman: Rais Syuriah Masrican Tuanku Marajo Basa, Tanfidziyah Zainal Tuanku Mudo

BENTENGSUMBAR.COM - Konferensi Cabang (Konfercab) NU Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat  berhasil memilih Rais Syuriah yang dipercayakan kepada Masrican Tuanku Marajo Basa yang sebelumnya menjabat Ketua Tanfidziyah. 

Sedangkan calon Ketua Tanfidziyah yang menyerahkan formulir kesediaan menjadi Ketua Tanfidziyah adalah Sekretaris PCNU Padang Pariaman Andri Susanto dan Wakil Rais Syuriah PWNU Sumbar Dr. Zainal Tuanku Mudo yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Yaqin Punggung Kasiak, Lubuk Alung. 

Setelah penyampaian visi misi, yang dipandu pimpinan sidang Armaidi Tanjung, Andri Susanto menyatakan mundur dengan berbagai pertimbangan.

Selanjutnya peserta Konfercab sepakat secara aklamasi menetapkan Zainal Tuanku Mudo sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Padang Pariaman masa khidmat 2020-2025. 

Untuk melengkapi susunan kepengurusan, Rais Syuriah terpilih ditetapkan sebagai ketua formatur, Ketua Tanfidziyah terpilih sekretararis formatur, ditambah unsur PCNU demisioner, PWNU Sumbar, dan tiga orang dari utusan MWC. 

Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu, 11 Juli 2020, dibuka Ketua PWNU Sumbar Prof. Ganefri berlangsung di aula Pemkab Padang Pariaman, Parik Malintang. 

Turut memberikan sambutan  Staf Ahli Pemkab Padang Pariaman Anwar.

Ganefri saat membuka Konfercab mengatakan, aarga Nahdlatul Ulama Padang Pariaman diminta tetap menjaga tegaknya akidah Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) di tengah masyarakat. Kabupaten Padang Pariaman yang secara kultural, amaliah mayoritas sesuai dengan paham keagamaan Islam yang dikembangkan Nahdlatul Ulama.

Menurut Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) ini, dari informasi Kakamenag Padang Pariaman, daerah ini terdapat 34 pondok pesantren. 

Hal ini perlu menjadi perhatian bagi pengurus NU Padang Pariaman karena para tuanku di Pariaman berasal dari pondok pesantren tersebut. 

“Lulusan pesantren tersebut tidak kalah bersaing mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. Sekarang dengan paket C, lulusan pesantren masuk ke perguruan tinggi. Ternyata lulusan pesantren tersebut memiliki prestasi akademik yang membanggakan saat mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi,” kata Ganefri.
Untuk itu, kata Ganefri, tahun 2020 ini ada 2.180 beasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa sampai tamat. 

“Saya akan berikan kesempatan bagi kepada alumni/lulusan pesantren di Padang Pariaman untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Karena dengan  pendidikanlah status sosial seseorang bisa ditingkatkan. Selain itu, memberikan peluang semakin banyak tamatan pondok pesantren di daerah ini masuk dan tamat perguruan tinggi negeri, khususnya di UNP,” tutur Ganefri lagi.

Konfercab  dihadiri  Kepala Kemenag Padang Pariaman Dr. Helmi, Rais Syuriah  PCNU Padang Pariaman Syahril Tuanku Sutan, PWNU Sumbar diantaranya Sekretaris Sulaiman Tanjung, Wakil Ketua Azwandi Rahman, Afriendi Sikumbang,  Rahmat Tuanku Sulaiman, Wakil Sekretaris Hujaipah,  utusan MWC dan sejumlah ulama lainnya.

(at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »