PBM di Pasbar Dilakukan Secara Tatap Muka

BENTENGSUMBAR.COM - Memasuki tahun ajaran baru 2020-2021, Sejumlah (Sekolah Menengah Pertama) SMP sederajat di Kabupaten Pasaman Barat memulai Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka, Senin, 13 Juli 2020. Proses PBM ini dilakukan dengan mematuhi protokol Covid-19.

Sebelum memasuki sekolah, seluruh siswa dan guru wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh.

Jika sudah memenuhi syarat dan standar protokol covid-19 tersebut, yang bersangkutan diperbolehkan untuk memasuki pekarangan sekolah.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pasaman Pulmen Evida mengatakan, hari pertama PBM tatap muka ini hanya diikuti oleh siswa baru atau siswa kelas satu saja.

Untuk Menghindari kerumunan siswa, panitia dan guru menunggu di depan gerbang dan mengarahkan para siswa ke kelas masing-masing dan saat berada di kelas, sekolah sudah memberikan jarak antar siswa dengan kuota maksimal 16 orang di masing-masing kelas.

"Panitia kita sudah siap, dari depan hingga ke kelas dan sudah memiliki protab tersendiri," ujarnya.

Pulmen Evida menambahkan, sebelumnya sekolah sudah menyediakan tempat cuci tangan di setiap kelas dan memberikan pemahaman kepada guru. 

Selama PBM, siswa hanya berada di lokal dan saat jam istirahat tidak diberikan waktu ke luar ruangan.

Bahkan, sekolah meminta anak mambawa bekal sendiri karena kantin di tutup.

"Jam pelajaran juga di perpendek, agar siswa bisa pulang lebih awal dan tidak memberikan efek jenuh pada siswa," ujarnya.

Sementara itu, untuk siswa kelas dua dan tiga akan belajar secara bergantian setiap harinya. Saat berada di rumah, siswa belajar secara daring dan luring atau tugas dari guru masing masing. 

Metode belajar secara bergantian ini diharapkan mampu mengisi waktu siswa.

"Hari ini kelas satu masuk, besok kelas dua, Rabu kelas tiga, nanti siswa akan bergantian masuk agar mereka bisa saling mengisi dan tidak mengumpulkan banyak siswa di satu hari yang sama," terangnya.

"Kami akan membiasakan diri, pakai makser dan mencuci tangan harus diterapkan," imbuhnya.

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »