Rabu, Terjadi Lonjakan Tajam Kasus Positif Baru Covid-19 di Sumbar

BENTENGSUMBAR.COM - Lagi-lagi terjadi lonjakan tajam kasus positif baru Covid-19 di Sumatera Barat, walau daerah ini sudah menerapkan era new normal atau gaya hidup baru aman Covid-19.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal pada Rabu, 29 Juli 2020 melaporkan, terjadi lonjakan konfirmasi positif sebanyak 17 orang.

"Dari 724 spesimen (707 Lab Fak Kedokteran Unand dan 17 Lab veteriner Baso Agam), terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 17 orang," ungkapnya.

Rinciannya, kata Jasman lagi, dari Kota Padang 15 orang, Kabupaten Padang Pariaman 1 orang dan Kabupaten Solok 1 orang.

Sementara itu, sebanyak 8 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19, virus mematikan asal Kota Wuhan, China tersebut.

"Total sementara positif sampai hari ini adalah 891 orang dan Sembuh 751 orang atau 85,29 persen," jelasnya.

Dikatakannya, berdasarkan hasil tracking dan tracing, hampir semua yang terpapar adalah imported case. Sementara, yang local transmission hampir tidak ada.

"Untuk itu kita mengimbau bagi siapapun yang baru pulang bepergian dari luar sumbar, terutama dari daerah yang kategori merah (pulau Jawa dan sebagian provinsi lainnya di Indonesia), sebaiknya begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) segera lakukan test PCR/SWAB secara gratis. Seluruh biaya test PCR ini ditanggung oleh Pemprov Sumbar," cakapnya.

Disamping itu, ia juga tak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan Covid-19. Pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang kerumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi.

"Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara didepan makanan, walaupun pakai masker," ajaknya.

"Untuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan perobahan data, nanti sore kami sampaikan secara resmi," tutupnya.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »