Menlu RI Ingatkan China: Kami akan Melawan Negara Partai Komunis atas Klaim Militer Mereka di LCS

Menlu RI Ingatkan China: Kami akan Melawan Negara Partai Komunis atas Klaim Militer Mereka di LCS
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi, melontarkan pernyataan tegas mengenai krisis Laut China Selatan. Indonesia menegaskan tidak akan mundur sedikit menghadapi tekanan China.


Pernyataan tersebut diucapkan Menlu Retno dalam wawancara dengan media Singapura, Channel News Asia, Kamis, 8 Oktober 2020. 


Menlu mengatakan Indonesia kerap dirugikan oleh manuver kapal-kapal ikan China yang dikawal kapal penjaga pantai Beijing memasuki zona ekonomi eksklusif (ZEE).


"Kami akan terus menegakkan prinsip kami melawan negara Partai Komunis atas klaim militer mereka," kata Menlu Retno merujuk pada China yang dipimpin oleh Partai Komunis.


China dan Indonesia sepakat bekerja sama dalam pengembangan vaksin Covid-19. Namun demikian, Menlu memastikan hal tersebut tidak akan mempengaruhi sikap Indonesia mengenai perairan yang disengketakan.


"Saya bisa menjawab dengan tegas, setegas mungkin. Tidak!," lanjutnya.


"Itu dua hal yang berbeda dan ketika bekerja sama, bukan kerjasama yang timpang hanya menguntungkan satu pihak, dalam hal ini Indonesia," ujarnya.


Bulan lalu, patroli Badan Keamanan Laut (Bakamla) Indonesia berulang kali mengusir kapal ikan dan penjaga pantai China yang berada di Perairan Natuna.


"Tapi setelah kita berkomunikasi, lewat jalur diplomatik, kapal itu pindah. Saya yakin ini bukan yang terakhir kali terjadi. Mungkin akan terulang lagi," pungkasnya.


Sengketa Laut China Selatan melibatkan sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara. Beijing menggunakan dasar sembilan garis putus-putus (nine dash line) sebagai acuan laut teritorial mereka.


Situasi makin memanas setelah Amerika Serikat menuduh China membahayakan negara-negara di Asia-Pasifik dengan mengirimkan kapal perangnya ke perairan sengketa Laut China Selatan.


(by/inews)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »