Singgung Natuna, Menlu AS Ingin Ikut Lindungi Keamanan Maritim RI

Singgung Natuna, Menlu AS Ingin Ikut Lindungi Keamanan Maritim RI
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Mike Pompeo menyatakan siap membantu melindungi laut Indonesia. Dia menyinggung soal laut Natuna.


"Contoh dari Indonesia yang melakukan tindakan tegas menjaga kedaulatan maritim di sekitar Kepulauan Natuna," kata Pompeo dalam jumpa pers bersama usai pertemuan dengan Menlu RI Retno Marsudi di Kantor Kemlu RI, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis, 29 Oktober 2020.


Sebagaimana diketahui, sempat ada insiden di Laut China Selatan pada awal 2020. Kapal pencari ikan dan kapal penjaga pantai (coast guard) China masuk ke Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, yang lokasinya di Laut Natuna Utara.


Pada 12 September, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) RI mengusir kapal China yang memasuki wilayah laut Indonesia. Kapal coast guard China kedapatan berkeliaran di zona Laut Natuna Utara.


"Saya menantikan kerja sama dengan cara baru untuk memastikan perlindungan keamanan maritim," kata Pompeo yang juga menyebut soal kawasan rute bisnis tersibuk di dunia.


Pompeo menilai Indonesia sebagai negara demokrasi. AS menghormati kedaulatan republik berupa kepulauan ini.


"Kami menghormati kebebasan kedaulatan laut dan aturan hukum," kata Pompeo.


Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Retno juga berbicara soal Laut China Selatan. Retno mengatakan semua pihak harus mematuhi konvensi hukum laut.


"Kami membahas situasi di Laut China Selatan. Untuk Indonesia, Laut China Selatan harus tetap menjadi laut yang stabil dan damai," kata Retno. 


Sumber: detikcom

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »