Berani Sentil Macron yang Hina Islam, Ternayata PM Kanada Keturunan Orang Padang, Sumbar

BENTENGSUMBAR.COM - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berani menyentil pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang dinilai menyinggung umat Muslim dunia.

Dengan dalih kebebasan berbicara dan berekspresi yang merupakan nilai-nilai yang dianut negaranya, Macron sempat menegaskan tak akan melarang penerbitan karikatur Nabi Muhammad meski telah timbul sejumlah insiden.

Sementara gambar dan karikatur Nabi Muhammad merupakan sesuatu yang sangat dilarang bagi umat Muslim.

Trudeau mengungkapkan pihaknya menunjung kebebasan, namun dia menegaskan tetap ada batasannya.

“Kami selalu mendukung kebebasan untuk berekspresi, tetapi kebebasan itu bukannya tanpa ada batasan,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

“Kami berhutang pada diri sendiri untuk bertindak dengan menghormati orang lain dan berusaha tidak sewenang-wenang atau melukai semua yang berbagi masyarakat dan planet dengan kita,” ungkap Trudeau.

Justin Trudeau menegaskan bahwa pelaku aksi kekerasan di Nice, Prancis tidak mewakili Muslim. "Nice attacker does not represent Islam," tulisnya.

Meski mengkritik pernyataan Macron, Trudeau menegaskan tak setuju dengan tindakan kekerasan di Prancis.

“Hal itu tak bisa dibenarkan dan Kanada dengan sepenuh hati mengutuk aksi tersebut bersama rekan kami, Prancis, yang harus melalui masa-masa sulit,” ujarnya pula.

Keturunan Padang

Justin Pierre James Trudeau, nama lengkapnya. Ia dinobatkan sebagai salah satu orang terganteng di dunia. Namun, yang bikin bangganya, Perdana menteri (PM) Kanada muda ini ternyata masih memiliki darah Indonesia.

Pria kelahiran 25 Desember 1971 dari pasangan Pierre Elliot Trudeau dan Margaret Sinclair tersebut memiliki nenek buyut dari ibunya, Margaret, bernama Cornelia Louisa Indvelt, yang lahir di Padang, Sumatera Barat pada 1808.

Cornelia adalah anak dari warga negara Belanda yang tinggal di Padang yang beristrikan orang Nias. Berdasarkan kajian Antropologi, orang Nias termasuk orang pertama yang menempati bandar Padang. Bahkan tempo dulu, jika ada yang mengaku orang asli Padang, maka disentil sebagai orang Nias.

Namun sayang, identitas Indvelt belum diketahui secara pasti.

Kemudian, Trudeau juga memiliki darah Prancis Kanada, Skotlandia, dan Inggris. Tidak heran karena kakek Trudeau dari ibunya, James Sinclair, memang berdarah Skotlandia.

Ia pernah menjabat sebagai menteri perikanan dan kelautan Kanada era kabinet Perdana Menteri Louis St. Laurent.

Bukan itu saja, nenek moyang ibunya yang berdarah Inggris juga pernah tinggal di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) di masa penjajahan.

Kakeknya Margaret, Thomas Kirkpatrick Bernard, lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 1891, dan pada usia ke-15 tahun imigrasi ke Kanada pada 1906.

(kmk)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »