Opini

PARLEMEN

Sports

Berusaha Kudeta Erdogan, Ratusan Orang Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

          Berusaha Kudeta Erdogan, Ratusan Orang Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup
Berusaha Kudeta Erdogan, Ratusan Orang Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup.

Berusaha Kudeta Erdogan, Ratusan Orang Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup
BENTENGSUMBAR.COM - Upaya untuk mengkudeta kepemimpinan Recep Tayyip Erdogan yang sah di Turki akhirnya berakhir di persidangan.


Sebuah dokumen persidangan di pengadilan Turki menyebut kalau ada 337 militer yang diganjar hukuman seumur hidup akibat upaya penggulingan terhadap Erdogan empat tahun silam.


Dalam persidangan itu ada 500 orang yang terlibat dalam kasus itu. Dan sebagian besar berasal dari militer angkatan udara.


Diketahui, upaya menggulingkan Erdogan dari kursi kepresidenan telah memakan banyak korban. Setidaknya ada 250 orang dilaporkan tewas dalam tragedi itu.


Dikutip dari PR Indramayu dengan judul "Turki Penjarakan Ratusan Orang Seumur Hidup atas Upaya Kudeta Gulingkan Erdogan yang Gagal pada 2016" menyebut, hampir 500 terdakwa dituduh melakukan upaya untuk menggulingkan pemerintah pada 15 Juli 2016 dari sebuah pangkalan udara dekat ibu kota Ankara.


Lebih dari 250 orang tewas dalam upaya itu ketika tentara nakal menguasai pesawat tempur, helikopter dan tank dalam upaya untuk mengambil kendali atas lembaga-lembaga negara utama.


Persidangan tersebut merupakan profil tertinggi dari lusinan kasus pengadilan yang menargetkan ribuan orang yang dituduh terlibat dalam upaya kudeta, yang dituding oleh Ankara kepada para pendukung pengkhotbah dan pengusaha Muslim yang berbasis di Amerika Serikat, Fethullah Gulen.


Anadolu dan agensi lain mengatakan setidaknya 25 pilot F-16 dijatuhi hukuman seumur hidup - hukuman paling berat di pengadilan Turki - yang berarti tidak ada kemungkinan pembebasan bersyarat.


Mantan komandan angkatan udara Akin Ozturk dan lainnya di pangkalan udara Akinci dekat Ankara dituduh mengarahkan kudeta dan membom gedung-gedung pemerintah, termasuk Parlemen, dan berusaha membunuh Erdogan.


Dilansir Al Jazeera, Kepala militer Turki saat itu dan sekarang menteri pertahanan Hulusi Akar dan komandan lainnya ditahan selama beberapa jam di pangkalan pada malam kudeta.


Empat pemimpin kelompok, yang dijuluki "imam sipil" karena hubungannya dengan jaringan Gulen, dijatuhi 79 hukuman seumur hidup karena tuduhan mencoba membunuh presiden, membunuh, dan berusaha menggulingkan tatanan konstitusional, kata Anadolu.


Sinem Koseoglu dari Al Jazeera, melaporkan dari Istanbul, mengatakan ada 10 warga sipil dalam persidangan ini.


“Mereka hadir di pangkalan udara Akinci tempat F-16 yang menewaskan warga sipil lepas landas. Jaksa penuntut mengatakan warga sipil ini adalah imam sipil gerakan Gulen. Mereka mengklaim menerima perintah dari Gulen dan meneruskan perintah tersebut kepada personel militer,” katanya.


Gulen, 79, yang pernah menjadi sekutu Erdogan dan membantah terlibat dalam kudeta, adalah salah satu dari enam terdakwa yang diadili secara in absentia. 


Sebanyak 475 orang diadili, sementara 365 di antaranya dalam tahanan.


Sumber: Portalbrebes

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...

Enter your email address. Its free!

Delivered by FeedBurner

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *