Opini

PARLEMEN

Sports

Jejak Kapolda Metro Irjen Fadil Imran: Tersangkakan Rizieq hingga Bongkar Saracen

          Jejak Kapolda Metro Irjen Fadil Imran: Tersangkakan Rizieq hingga Bongkar Saracen
Jejak Kapolda Metro Irjen Fadil Imran: Tersangkakan Rizieq hingga Bongkar Saracen.

Jejak Kapolda Metro Irjen Fadil Imran: Tersangkakan Rizieq hingga Bongkar Saracen
BENTENGSUMBAR.COM - Pelanggaran protokol kesehatan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kediaman Habib Rizieq Syihab makan korban. 


Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana dan digantikan oleh Irjen Fadil Imran, yang sebelumnya adalah Kapolda Jawa Timur. 


Ternyata rekam jejak Fadil Imran dulu pernah berurusan dengan Habib Rizieq. 


Fadil Imran menetapkan Habib Rizieq sebagai tersangka kasus chat mesum saat dia bertugas sebagai di Polda Metro Jaya.


Kapolri mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana karena dinilai gagal mencegah pelanggaran protokol kesehatan dalam peringatan maulid tersebut. 


Nah sekarang semua mata tertuju pada Irjen Fadil nih. Berikut rekam jejak Kapolda Metro Jaya yang baru tersebut.


Tersangkakan Habib Rizieq


Dikutip dari Suara.com, Fadil Imran pernah menetapkan tersangka Habib Rizieq dalam kasus chat mesum saat dia menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya pada 2017.


Setelah gelar perkara, penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Fadil menetapkan Habib Rizieq dan Firza Husein sebagai tersangka.


Keduanya, dipersangkakan dengan Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto Pasal 32 dan atau Pasal 8 juncto Pasal 34 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.


Serta Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).


Setahun kemudian, pada 2018 Polda Metro Jaya menghentikan penyidikan kasus chat mesum yang menjerat Rizieq dan Firza.


Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol M Iqbal, ketika itu menjelaskan alasan penyidik menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan atau SP3 lantaran belum berhasil menemukan pelaku pengunggah foto tangkapan layar berisi chat mesum yang diduga antara Rizieq dan Firza.


Pembekuk Hercules dan Joh Kei


Beberapa tahun sebelumnya, prestasi Fadil Imran terukir sukses membekuk preman kelas top seperti Hercules sampai John Kei saat dia menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat lho.


Dikutip dari Detikcom, pada 2013, Fadil Imran memburu preman yang meresahkan masyakarat DKI tersebut. Dia membentuk Tim Pemburu Preman yang beranggotakan 30 Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Barat.


Tim Pemburu Preman ini dilengkapi pistol revolver, senjata laras panjang jenis SS1 dan Rugermini.


Target tim penuru ini adalah memburu preman kelas wahid, yang biasanya memeras pemilih lahan atau bangunan. Mengurusi preman kelas tinggi, maka preman pinggir jalan diserahkan ke Polsek Metro saja.


Bongkar Saracen


Fadil terus berprestasi. Pada 2018 saat dia menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, bersama timnya sukses membongkar sindikat Saracen serta Muslim Cuber Army (MCA).


Kamu ingat kan? Saracen ini merupakan sindikat opini isu di media sosial, kala itu isu yang dibungkus adalah penyerangan ualama dan kebangkitan PKI.


Dari sindikat Saracen dan MCA, Fadil mengungkapkan jaringan ini tersebar di berbagai daerah, dari klaster Jatim, Jabar, Banten, saling terhubung satu sama lain.


(hops)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...

Enter your email address. Its free!

Delivered by FeedBurner

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *