Pengembangan Iklim Berinvestasi: Ini Faktor Penghambat Investasi Masuk ke Sumbar, yang ke-5 Bikin Urut Dada

Pengembangan Iklim Berinvestasi: Ini Faktor Penghambat Investasi Masuk ke Sumbar, yang ke-5 Bikin Urut Dada
BENTENGSUMBAR.COM - Salah satu program unggulan Pemerintahan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno adalah pengembangan iklin berinvestasi di daerah ini. 


Namun ironisnya, masih saja ada faktor penghambat pengembangan investasi atau peningkatan investasi di Provinsi Sumatera Barat. 


Apa saja faktor penghambat itu?


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar, Maswar Dedi mengatakan, setidaknya ada lima faktor pendorong masuknya investasi ke Sumatera Barat.


"Pertama, permasalahan tanah ulayat yang sering dianggap sebagai faktor penghambat investasi. Ini masalah klasik. Dan kita sudah membuat data base soal ini," katanya kepada BentengSumbar.com, Selasa, 10 November 2020. 


Kedua, HGU yang akan habis masa berlakunya, dimana belum ada produk hukum dan demikian juga dengan aturan teknis yang mengatur bagaimana dengan HGU yang berasal dari tanah ulayat yang segera akan berakhir.


Ketiga, pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah nagari belum menyusun produk hukum dan aturan teknis yang mengatur pemanfaatan tanah ulayat untuk penanaman modal.


Keempat, rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang  lebih terbuka terhadap investasi, banyak lokasi investasi yang masih belum diakomodir peruntukan ruangnya dalam RTRW Provinsi/Kabupaten/Kota.


"Kelima, infrastruktur yang belum memadai," ungkap Maswar Dedi.


(by/hms-sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »