Triwulan III, Ini Realisasi Investasi di Bidang Pendidikan di Sumbar

Triwulan III, Ini Realisasi Investasi di Bidang Pendidikan di Sumbar
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus mendorong investasi di bidang pendidikan. Tujuannya adalah untuk pemerataan di bidang pendidikan sebagai salah satu program unggulan Gubernur Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit.


Lantas, sejauhmana realisasi investasi di bidang pendidikan dan apakah berdampak pada peningkatan pemerataan kualitas pendidikan tersebut?


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar Maswar Dedi mengatakan, per Triwulan III Tahun 2020, realisasi investasi di bidang pendidikan hanya sebesar Rp.95.000.000,-.


"Artinya, persentase capaiannya tidak sampai 1% dari total realisasi investasi triwulan III," kata Maswar Dedi kepada BentengSumbar.com, kemaren. 


Menurutnya, berdasarkan data yang ada belum bisa dikatakan bahwa realisasi investasi ini berdampak pada pemerataan kualitas pendidikan.


Dikatakannya, pemerataan kualitas pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh pemerataan pembangunan gedung sekolah sampai ke pelosok desa dan juga penyediaan tenaga guru, serta pembangunan akses transportasi ke lokasi. 


"Hal ini salah satunya dapat dilakukan dengan cara investasi pemerintah di bidang pendidikan seperti pembangunan gedung-gedung sekolah dan juga pembangunan jalan untuk akses ke lokasi pendidikan," ujarnya. 


Sedangkan untuk investasi swasta, jelasnya, bisa dengan cara pendirian sekolah/universitas swasta, dalam hal ini tentu saja calon investor akan mempertimbangkan jumlah penduduk yang masuk dalam usia sekolah dan apakah jumlah ini tidak dapat ditampung lagi di sekolah negeri. 


"Pada umumnya calon investor di bidang pendidikan ini lebih melirik daerah perkotaan karena jumlah penduduk yang padat begitu juga penduduk usia sekolahnya," cakapnya.  


(by/hms-Sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »