Ingin Sehat, Warga Tak Perlu ke Puskesmas

Ingin Sehat,  Warga Tak Perlu ke Puskesmas
BENTENGSUMBAR.COM - Warga yang ingin sehat kini tak perlu lagi ke Puskesmas.  Pasalnya, Puskesmas Ambacang di Kecamatan Kuranji,  Kota Padang sudah memiliki layanan kesehatan lewat aplikasi whatsapp (WA). Jika ingin konsultasi dan bertanya tentang kesehatan, warga tinggal pencet lewat handphone.  


"Iya, kita memiliki media layanan informasi kesehatan lewat WA maupun website," ujar Kepala Puskesmas Ambacang dr Weni Fitria, Minggu, 14 Maret 2021. 


Layanan lewat WA bot ini disebut "Sahabat Ambacang". Akronim dari SArana keseHAtan Bagi masyarakAT Ambacang. Layanan ini cukup mudah diakses warga. Hanya dengan menyimpan nomor 082311006711 di buku kontak handphone, serta mengetikkan pesan, sejumlah informasi kesehatan akan didapat dengan mudah.  


"Meski warga tak bertemu dengan petugas, akan tetapi warga memiliki media untuk mendapatkan informasi," tutur Kepala Puskesmas Ambacang didampingi Korlap Covid-19 Puskesmas Ambacang dr Frista Maulina.  


Selain ingin mengetahui seputar kesehatan, layanan lewat WA ini cukup banyak menyediakan informasi tentang Puskesmas.  Bahkan di layanan ini,  Puskesmas Ambacang juga menerima kritik dan saran.  


"Semua ini bentuk upaya meningkatkan mutu layanan Puskesmas," jelasnya.  


Sementara dr Frista Maulina menyebut, layanan kesehatan lewat WA ini merupakan salah satu inovasi yang digagas Puskesmas Ambacang.  Menurutnya aplikasi ini cukup memudahkan karena hampir seluruh warga memiliki handphone.  


"Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini banyak warga yang takut-takut ke Puskesmas.  Lewat layanan ini kita harapkan warga dapat terbantu," ucapnya.


Laporan: Charlie Ch. Legi

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »