Jangan Percaya Informasi Hoaks Vaksin Covid-19

BENTENGSUMBAR.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengimbau masyarakat untuk tidak percaya terhadap informasi hoaks terkait vaksin Covid-19.

Hal tersebut disampaikan di sela-sela vaksinasi 800 warga lanjut usia (lansia) di GOR HTT Padang, Jumat, 5 Maret 2021.

Menurut Kadis, tujuan vaksinasi adalah untuk menghentikan pandemi Covid-19 yang sudah lebih satu tahun mengganggu aktivitas masyarakat, bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.

"Semua warga yang berumur di atas 18 tahun harus divaksinasi. Supaya kekebalan manusia (herd Immunity) bisa terjadi maka secepat mungkin vaksinasi ini harus dilakukan," ujarnya.

Kadis menjelaskan "Herd Immunity" adalah jika sebagian besar warga telah memiliki kekebalan terhadap virus, maka warga yang tidak kebal akan ikut terlindungi. Untuk mencapai "Herd Immunity" maka 70 persen warga harus mendapatkan vaksinasi.

Kadis memastikan vaksin Sinovac yang dipakai aman karena pelarutnya adalah NaCL dan virusnya adalah virus yang dimatikan.

Hingga hari ini menurut Kadis, sekitar 19 ribu tenaga kesehatan sudah divaksin, sementara petugas pelayan publik sekitar 1000 orang dan lansia mencapai 1000 orang.

"Kita menargetkan 3000-4000 orang dapat divaksin setiap harinya, sehingga pada akhir tahun dapat tervaksin sekitar 700 ribu warga Kota Padang," tambah Kadis.

Untuk stok vaksin yang tersedia di Dinkes saat ini berjumlah 32 ribu dosis, dan masih menunggu pengiriman vaksin dari pemerintah pusat. 

Laporan: Charlie

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »