Perang Survei Jadi Jualan Politik untuk Siapa? Apa Untungnya Buat Rakyat?

Perang Survei Jadi Jualan Politik untuk Siapa? Apa Untungnya Buat Rakyat?
BENTENGSUMBAR.COM - Perang hasil survei akan makin masif terjadi guna menaikkan rating sosok atau figur seseorang demi mendapatkan dukungan politis. Perebutan kekuasaan politik di era kemajuan teknologi informasi tak dapat dipisahkan dari kehidupan demokrasi diruang digital.


"Opini bebas publik bertebaran diruang sosial digital, ada dugaan bahwa survei opini publik seperti 'distel' sebagai sarana ruang pencitraan, opini publikpun giring lewat hasil survei yang sedang dimainkan oleh para ahli yang berpengalaman dalam meracik penggiringan opini publik untuk mendapatkan akseptabilitas," ujar pengamat politik Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (LAKSAMANA), Samuel F. Silaen kepada wartawan, Senin, 8 Maret 2021.


Dikatakan, sesungguhnya pertarungan ide dan gagasan hal yang baik guna membedah sosok figur, dengan tujuan cek respon penerimaan publik terhadap tokoh atau sosok tertentu sah- sah saja dimainkan oleh lembaga survei termasuk para 'dukun- dukun' politik, hal itu lumrah terjadi di alam demokrasi.


Orang populer tidak sama dengan tingkat keterpilihannya. Saat ini bagaimana cara agar tokoh atau figur seseorang itu memiliki tingkat keterpilihan (elektabilitas)


"Hasil survei bagian dari pertarungan opini kalangan elite dalam menggiring persepsi publik melalui media maya/ digital yang dekat dengan masyarakat, ini dilakukan dalam rangka memasarkan 'produknya'. Setelah itu dicek kembali bagaimana tingkat penerimaan publik terhadap tokoh atau sosok yang dimaksud," papar Silaen.


"Yang namanya berusaha menjual 'produk' ya tergantung pasar juga sih, ibarat ruang digital itu, pasar bebas tempat berdagang publik, sama halnya tempat menjual berbagai jenis kebutuhan/ kepentingan dari sisi customer dan supplier, yang penting tidak menjual barang yang dilarang oleh UU," imbuh Silaen.


Survei dilakukan untuk mengetahui pendapat dan tanggapan publik yang disurvei sebagai feedback-nya. Tingkat kepercayaan hasil survei tersebut tergantung 'brand' yang melakukannya. "Artinya pengalaman dan jam terbang lembaga surveyor itu jadi faktor utama publik bisa jadi percaya atau tidak," jelas Silaen.


Jangan heran, semakin maju teknologi maka semakin tinggi juga penyebaran infiltrasi dan intrik yang berkembang diruang publik. "Oleh karena itu, masyarakat harus jeli dan jangan mudah percaya gimik- gimik karena itu anggap saja sekedar hiburan, jangan terlalu dianggap serius, supaya tidak stress," canda Silaen.


Saat ini, cukup sulit membedakan mana hoax dan mana bukan hoax akibat melimpahnya informasi yang beredar ditengah masyarakat. "Jadi kembali ke diri masing- masing pribadi saja, informasi seperti apa yang dibutuhkan, semua tersedia tinggal klik nongol deh," beber Silaen.


"Intinya mari kita cerna informasi yang beredar itu dengan baik- baik dan pastikan dari sumber yang jelas, terpercaya dan dapat dipertanggung-jawabkan kesahihannya, jangan mudah terprovokasi/ terpancing oleh informasi hoax yang beredar luas dikehidupan masyarakat," tandas Silaen.


(kmk)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »