Bandingkan dengan Zaman Hindu-Buddha, Moeldoko Sebut Peradaban Indonesia Mundur

Bandingkan dengan Zaman Hindu-Buddha, Moeldoko Sebut Peradaban Indonesia Mundur
BENTENGSUMBAR.COM - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengaku heran dengan peradaban Indonesia yang kian mundur. Dia membandingkan kondisi saat ini dengan peradaban Indonesia masa kerajaan Hindu-Buddha.


Moeldoko menyebut Indonesia pernah memiliki peradaban tinggi, ditandai dengan berbagai warisan budaya seperti Candi Borobudur. Namun, peradaban itu tak tercermin dalam kondisi keseharian bangsa Indonesia saat ini.


"Ini kita harus mengeksplorasi lagi kenapa bangsa dulu itu peradabannya begitu tinggi. Kok sekarang seperti mundur? Bagaimana ceritanya ini?" kata Moeldoko saat meninjau Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Selasa, 20 April 2021.


Mantan Panglima TNI itu juga menyinggung ulah sebagian kelompok masyarakat yang tak mencerminkan peradaban tinggi. Dia menyebut ada kelompok yang selalu merongrong kehidupan berbangsa.


Moeldoko berkata kelompok itu selalu menolak keras hal-hal yang tak sesuai ajaran mereka. Meski begitu, Moeldoko tak menyebut kelompok masyarakat yang dimaksud.


"Aneh kita sekarang ini menghadapi sebuah rong-rongan. Dikit-dikit, 'Wah ini tidak sesuai dengan ajaran.' Dikit-dikit, 'Ini tidak sesuai dengan ajaran.' Ini apa-apaan ini?" ucap Moeldoko.


Dia menitip pesan kepada UIII agar bisa mengembalikan peradaban tinggi Indonesia. Ia berharap UIII dapat menjadi pusat kajian peradaban tingkat internasional.


"Berarti ini bisa bukan hanya Islam yang dipikirkan, tetapi bagaimana mengkoneksikan Islam dengan dunia luar," ujar Moeldoko.


(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »