Kedatangan Vaksin AstraZeneca Dikawal Ketat dari Bandara Soetta Menuju Bio Farma Bandung

Kedatangan Vaksin AstraZeneca Dikawal Ketat dari Bandara Soetta Menuju Bio Farma Bandung
BENTENGSUMBAR.COM - Danpomdam Jaya Kolonel Cpm Yogaswara bersama personelnya mengawal ketat kedatangan bahan baku Vaksin AstraZeneca di Bandara Soekarno-Hatta menuju Gudang Bio Farma, Bandung, Senin 26 April 2021 malam.


Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengatakan bahwa Kodam Jaya terlibat langsung dalam proses pengamanan dan pengawalan melekat Vaksin tersebut, sejak tiba kedatangan di Bandara Soetta sampai dengan tujuan di Gudang Bio Farma.


“Adapun pengaturan pengamanan dilaksanakan secara ketat oleh Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Doddy TW bersama Unsur Pam TNI dan Polda Metro, serta setiap petugas dilengkapi dengan senjata perorangan, dipimpin langsung oleh Danpomdam Jaya, dilaksanakan secara terencana dengan melibatkan Personil TNI dari Kodam Jaya, unsur Polri maupun unsur-unsur terkait lainnya," ujar Herwin dalam keterangannya, Selasa, 27 April 2021.


Pengawalan ketat itu dilakukan, kata Herwin, demi terjaminnya keamanan serta kelancaran proses pergeseran atau pemindahan Vaksin Covid-19 tersebut.


"Syukur alhamdulilah, pelaksanaan pengamanan Vaksin Astra Zeneca tersebut, sejak tiba kedatangan di Bandara Soetta, termasuk dalam perjalanan menuju Bio Farma Bandung, berlangsung dalam keadaan aman”, jelasnya.


Diketahui, sebanyak 385.200 Vial/Bahan Baku Vaksin Astra Zeneca yang didatangkan dari Inggris tiba di Bandara Soetta Cengkareng, hari ini Senin, 26 April 2021 pukul 19.00 Wib, dengan menggunakan pesawat Emirate EK-9258 melalui Gudang JAS Cargo 530 Bandara Soetta Cengkareng.


Atas kedatangan Vaksin Astra Zeneca tersebut, prosesi pengamanan dan pengawalanpun dilaksanakan secara ketat, terencana dan terintegrasi dengan melibatkan unsur TNI-Polri, muapun unsur terkait lainnya.


Sebagaimana kali ini dilaksanakan oleh Danpomdam Jaya beserta jajarannya, mulai dari tahap apel pengecekan kesiapan personil dan materiil, yang dilaksanakan di Lapangan apel Mapomdam Jaya, bahkan dilaksanakan juga Tactical Floor Game (TFG), sehingga diharapkan kedatangan Vaksin tersebut terjamin keamanannya sejak tiba di Bandara Soetta sampai dengan tujuan di Gudang Bio Farma Bandung.


Adapun komposisi Vaksin sebanyak 385.200 Vial/Bahan Baku dengan menggunakan 38.520 Dus Tonase 14,1 Ton di angkut dengan menggunakan 4 Truk Kontainer Berpendingin dengan rincian 3 Truk Utama dan 1 Truk Cadangan.


Adapun kendaraan yang merupakan dalam rangkaian pengawalan 4 Unit Ran Kawal dengan Rincian, 2 Unit Ran Kawal Utama (Kawal Depan dan Kawal Belakang), 1 Unit Ran Kawal Cad dan 1 Unit Ran Kawal Komando, dengan total jumlah personil kurang lebih sebanyak 85 Orang, meliputi unsur Pomdam Jaya 15 Orang, Yonmek 202/TM 20 Orang, Brimob Mabes Polri 30 Orang, Lantas Mabes Polri 20 Orang.


Source: Okezone

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »