Headline

Opini

Parlemen

Sports

Larang Kenakan Jersey MU, Ustaz Riza Basalamah: Antum Pakai Setan

          Larang Kenakan Jersey MU, Ustaz Riza Basalamah: Antum Pakai Setan
Ustaz Syafiq Riza Basalamah mengatakan bahwa umat muslim tidak boleh memakai baju atau jersey Manchester United (MU) yang memiliki logo setan merah.

Larang Kenakan Jersey MU, Ustaz Riza Basalamah: Antum Pakai Setan
BENTENGSUMBAR.COM - Ustaz Syafiq Riza Basalamah mengatakan bahwa umat muslim tidak boleh memakai baju atau jersey Manchester United (MU) yang memiliki logo setan merah.


Ceramahnya itu dapat dilihat dalam video YouTube berjudul ‘Ustaz Syafiq_Hukum Memakai Baju Bola Setan Merah’ yang diunggah Abu Aluha pada 20 November 2019.


Awalnya, Ustaz Riza Basalamah membacakan sebuah pernyataan dari jamaah yang merupakan penggemar MU.


“Afwan Ustaz, mau tanya. Ana fans sepak bola club MU yang logonya setan merah. Yang ingin saya tanyakan, ana dulu selalu membeli jersey-nya yang ada logo setan merahnya, terus jersey yang terlanjur ana beli apa boleh dipakai atau gimana ustaz?” katanya membacakan.


Ustaz Riza Basalamah sempat melontarkan sebuah kelakar sebelum akhirnya  menjawab bahwa logo pada baju tersebut perlu dihilangkan.


Hal itu karena, menurutnya, umat Muslim tidak boleh menyerupai setan, namun justru disuruh berlindung dari setan.


“Subhannallah, antum lihat jamaah, ketika orang cinta dengan sesuatu, ia akan mengorbankan apa yang ia miliki untuk.. Ana sampai sekarang nggak tahu yah, kalau dia pake bajunya club itu, kira-kira setannya masuk ke dia? Sehingga dia main bolanya itu seperti setan merah? Wallahualam,” kata Ustaz Riza Basalamah.


“Jadi yang pertama kalau bicara dengan logo tersebut harus dihilangkan. Kita itu disuruh berlindung dari setan. Antum pake setan! Ya artinya, kita itu disuruh berlindung Audzubillah Himinas Syaiton Nirojim. Tahu-tahu bajunya ada di dada antum. Antum pakai sholat lagi. Naudzubillahiminzalik, jamaah,” tambahnya.


Ustaz Riza Basalamah memberi contoh bahwa Nabi Muhammad SAW akan merusak logo-logo yang menyerupai salib di rumahnya.


“Kita tuh nggak boleh menyerupai setan. Rasul SAW itu kalau ada logo-logo yang bentuk salib di rumah Nabi asholatu waalaihisalam, itu beliau rusak logo tersebut. Karena dulu banyak pakaian-pakaian dari syam, kain-kain dari syam, yang syam notebenenya Nasrani, Romawi pada waktu itu. Sehingga kalau ada sesuatu yang model-model salib, beliau hilangkan, shallalahu alaihisallam,” katanya.


Ustaz Riza Basalamah juga menjelaskan bahwa Aisyah, istri Nabi juga pernah menceritakan amalan Nabi jika menemukan logo-logo salib pada baju.


“Pernah Aisyah radhiyallahu anha lagi tawaf atau lagi syaih kalau nggak salah, lagi syaih melihat ada perempuan pake baju ada logo salibnya, logo palang di baju dia. Maka kata Aisyah radhiyallahu taalah, dipanggil, diceritakan bahwa Nabi asshalatu salam tidaklah mendapatkan model-modrl seperti ini kecuali merusaknya,” ujarnya.


Ustaz Riza Basalamah lalu kembali menegaskan ke penanya bahwa ia harus merusak logo yang ada pada baju tersebut. Jika sudah dirusak, maka bajunya dapat dipakai.


Namun, Ustaz Riza Basalamah menekankan niat atau tujuan memakai baju tersebut.

Menurutnya, jangan sampai untuk mencontoh atau mengidolakan kaum kafir.


“Maka tugas antum merusak tadi, logo tersebut, dihilangkan logonya. Kemudian bajuny, yah kalau bajunya memang nggak ada masalah, silahkan dipakai,” kata Ustaz Riza Basalamah.


“Tapi kalau nanti antum pake baju itu, setannya masuk, jangan, antum jangan pake. Terus terang ada orang yang memang terinspirasi yah, ketika dia pake baju itu kemudian seperti pemainnya Fulan Fulan Fulan. Padahal kita disuruh mencontoh yang baik, yang muslim, yang taat sama Allah. Jangan menjadikan orang-orang kafir itu menjadi idola-idola antum,” tambahnya.


Source: makassar.terkini.id

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...