Opini

Parlemen

Sports

Produk UMKM Indonesia Dapatkan Free-Logistik ke Negara Tujuan Ekspor melalui IDNStore

          Produk UMKM Indonesia Dapatkan Free-Logistik ke Negara Tujuan Ekspor melalui IDNStore
Produk UMKM Indonesia Dapatkan Free-Logistik ke Negara Tujuan Ekspor melalui IDNStore.

Produk UMKM Indonesia Dapatkan Free-Logistik ke Negara Tujuan Ekspor melalui IDNStore
BENTENGSUMBAR.COM -  Pelaku usaha - UMKM dari Indonesia mendapat angin segar untuk mempromosikan produk-produknya ke mancanegara melalui platform e-dagang Indonesia Store atau lebih akrab disebut IDNStore, khususnya saat ini baru mencakupi wilayah 3 negara, yakni ke pasar China, Hong Kong dan Taiwan.


“Produk-produk UMKM dari Indonesia bisa dapatkan ‘Free-Logistics’ untuk masuk ke pasar Hong Kong, dengan berat setelah ‘packaging’ di bawah 30 Kg. Untuk terpenuhinya persyaratan ini kita menggunakan skema ekspor Business To Consumen – B2C,” demikian tips dan trik yang dipaparkan oleh Widiatmoko.


Hal ini terungkap dalam acara yang dilaksanakan secara virtual oleh Konsul Perdagangan KJRI Hong Kong bekerjasama dengan IDNStore pada hari Jumat, 23 April 2021, dimulai pada pukul 14.30 – 16.30 wib.


Sebagai Business Coach dalam webinar IDNStore Volume ke-13 ini, Widiatmoko – General Manager/ Country Head of Logistic Janio Indonesia.


Hadir dalam acara ini, Iqbal S Shofwan - Konsul Perdagangan KJRI Hongkong, Indra Prahasta - Kepala ITPC Shanghai, Arif Sulistyo - Kepala Bidang Perdagangan KDEI Taipei, Marina Novira Anggraini - Atase Perdagangan KBRI Beijing. Moderatornya adalah Apbrianto Jabli dari Tim IDNStore.


Dalam kesempatan ini, Widiatmoko memaparkan ‘Tips Ekspor Dasar dan Stress Free’, antara lain: 1. Memberikan informasi dengan benar, 2. Kemas barang Anda dengan benar, 3. Beritahu jika barang Anda memerlukan persyaratan khusus, 4. Pastikan dokumen Anda lengkap dan 5. Cek regulasi di negara tujuan.


“IDNStore ini resmi milik pemerintah Republik Indonesia karena pembiayaannya melalui APBN. Jadi, pelaku usaha – UMKM yang berpotensi atau layak ekspor dapat menggunakan platform e-dagang IDNStore secara GRATIS,” demikian Iqbal S. Shofwan meyakinkan kepada para peserta yang hadir.


Selanjutnya beliau memberikan penjelasan bahwa IDNStore ini diluncurkan sejak tanggal 14 Januari 2021 oleh Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi. Untuk saat ini pihaknya belum bisa memberikan insentif kepada pelaku usaha – UMKM dalam rangka mendapatkan biaya murah untuk masuk pasar ekspor.


“Sungguhpun demikian, kami selalu mencari cara atau jalan agar produk-produk UMKM dari Indonesia mampu bersaing dengan produk-produk yang ada di negara yang dituju tersebut,” papar Iqbal S. Shofwan.


Untuk menopang transaksi ekspor, IDNStore telah terintegrasi dengan Paypal, Alipay, WeChat Pay, Visa, Mastercard dan Union Pay. Sementara untuk logistik, IDNStore telah terintegrasi dengan PT. Pos Indonesia, Tabitha Gracia Indonesia, Janio Indonesia dan SEG.


Ceruk pasar yang ada di negara China, penduduknya berjumlah 1,4 milyar orang, di Hong Kong berjumlah 7,5 juta orang dan di Taiwan berjumlah 20 juta orang. Untuk pasar Hong Kong, produk UMKM Indonesia berpeluang besar untuk memenuhi kebutuhan pekerja migran dari Indonesia berjumlah 170.000 orang dan 1.500 – 2.000 orang penduduk asli Hong Kong yang berkebangsaan Indonesia.


Pada sesi akhir, Tim IDNStore, Hasan memberikan penjelasan tentang tata cara mengisi formulir dan upload produk melalui situs ‘www.idnstore.hk’, sedangkan Murni memberikan Tips dan Trik mengganti latar belakang profile perusahaan agar memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen di pasar tujuan ekspor. 


Laporan: Ali Akbar

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...