Headline

Opini

Parlemen

Sports

Viral Salat Malah Freestyle saat Sujud, Habib Jafar: Fatal, Salat Tidak Sah

          Viral Salat Malah Freestyle saat Sujud, Habib Jafar: Fatal, Salat Tidak Sah
Habib Husein Jafar Al-Hadar ikut mengomentari fenomena yang belakangan marak terjadi yakni aksi oknum jemaah salat melakukan freestyle saat sujud.

Viral Salat Malah Freestyle saat Sujud, Habib Jafar: Fatal, Salat Tidak Sah
BENTENGSUMBAR.COM - Tokoh muda Habib Husein Jafar Al-Hadar ikut mengomentari fenomena yang belakangan marak terjadi yakni aksi oknum jemaah salat melakukan freestyle saat sujud.


Habib Jafar menyoroti sebuah video dua wanita melakukan handstand saat sedang salat yang baru-baru ini viral di media sosial.


Menurut Habib Jafar, aksi freestyle saat sujud tersebut merupakan perilaku fatal yang membuat salat seseorang menjadi tidak sah.


Pernyataan itu disampaikan Habib Jafar dalam video berjudul "Habib Jafar Pusing Liat Sekte Bocil Free Fire", yang disiarkan melalui kanal YouTube Pemuda Tersesat.


Bukan tanpa alasan, Habib Jafar menyebut aksi tersebut fatal karena melanggar beberapa syarat sujud menurut syariat.


"Fatal, gak boleh, salat itu pertemuan mukmin dengan Tuhan. Kita harus serius, bahkan salat itu minimal tuma'ninah. Tenang itu rukun salat. Maksimal kalau bisa khusyuk," kata Habib Jafar seperti dikutip beritahits.id, Senin, 26 April 2021.


Habib Husein Jafar menyoroti syarat atau rukun yang harus dipenuhi ketika seorang sujud dalam salat, termasuk bagian tubuh mana saja yang harus menempel.


Adapun ketujuh bagian tubuh sebagaimana dipaparkan Syekh Muhammad Nawawi Banten dalam kitabnya Kasyifatus Saja antara lain kening, kedua tangan, kedua lutut, dan kedua telapak kaki.


"Kalau ini jelas tidak sah sujudnya. Gak sah salat-nya karena sujudnya tak sah. Syarat sah menurut Imam Nawawi, tujuh anggota tubuh nempel," terang Habib Husein Jafar


"Ini kaki dan lutut gak nempel. Kedua, dia tidak memenuhi rukun karena tumpuannya harusnya kepala, ini kayaknya tumpuan tangan," sambungnya.


Habib Jafar kemudian menyinggung maksud aksi tersebut hanya sebagai konten media sosial semata.


"Salat buat konten, anda gak dapat pahala. Dapat adsense tapi gak berlaku di akhirat. Banyak yang dilanggar. Itu gak tuma'ninah, itu deg-degan. Harusnya effort dibuat untuk khusyuk. Ini malah begini," kata Habib Jafar menandasi.


Sebelumnya, aksi serupa pernah dilakukan pula oleh sekelompok anak kecil yang mengikuti salat jemaah di dalam masjid.


Habib Husein menerangkan, seharusnya anak sudah dididik sejak dini untuk bisa salat dengan baik. Namun, dia tidak heran apabila seorang anak kerap bercanda.


"Kalau anak-anak tentu, namanya anak-anak. Kalau menurut Rasul 7 tahun harus diajak salat. Umur 10 tahun dipaksa. Sebelum umur 7 tahun harus diajarkan, tapi pengajarnya (bapak) ikut. Kalau dititipin masjid saja bisa rusuh tu," ungkapnya.


Jemaah Wanita Sujud Freestyle


Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @doomedvser, Senin, 19 April 2021 diperlihatkan suasana salat tarawih di sebuah masjid.


Tampak saf paling belakang di isi oleh beberapa wanita. Ketika sampai pada gerakan sujud, dua wanita yang berada di posisi paling ujung kiri  melakukan gerakan tak biasa.


Alih-alih melakukan gerakan sujud seperti para wanita lain di dekat mereka, dua wanita tersebut justru meluruskan kaki ke belakang dan mengangkatnya ke atas. Mereka berdua diduga sedang mengikuti aksi viral membuat gerakan handstand di tengah salat.


Source: Suara.com

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...