Gencatan Senjata, Hamas di Atas Angin: Israel Melarikan Diri dari Pertempuran Melawan Palestina!

BENTENGSUMBAR.COM - Setelah 11 hari lamanya berkonflik dan saling serang, Israel dan Hamas akhirnya setuju untuk melakukan gencatan senjata.

Meski gencatan senjata baru berlaku hari Jumat ini, 21 Mei 2021, tetapi rupanya keputusan tersebut telah dikonfirmasi sejak Kamis malam kemarin (waktu setempat) oleh media Israel dan pejabat Hamas. 

Dalam keterangannya, Hamas tampak di atas angin di mana pihaknya mengklaim bahwasanya Israel melarikan diri dari pertempuran.

“Israel gagal mencapai tujuan agresinya dan melarikan diri dari pertempuran dengan perlawanan Palestina,” ujar juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri, kepada Anadolu Agency, seperti dikutip terkini.id dari Bila pada Jumat, 21 Mei 2021.

Sementara itu, dari Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dikatakan dalam rilisnya bahwa Kabinet Keamanan Politik menerima rekomendasi untuk ‘gencatan senjata bilateral tanpa syarat apa pun’.

“Kepala staf, eselon militer, dan kepala Shin Bet meninjau bersama para menteri pencapaian besar Israel dalam kampanye,” ungkapnya, dikutip dari CBC.

“Beberapa di antaranya belum pernah terjadi sebelumnya,” sambungnya.

“Para eselon politik menekankan bahwa kenyataan di lapangan akan menentukan kelanjutan seruan gencatan senjata ini.”

Diketahui bahwa beberapa menit seusai pengumuman gencatan senjata, sayap militer Hamas memberi peringatan keras kepada Israel.

Mereka memperingatkan agar Israel tidak lagi melakukan serangan apa pun ke Gaza, Palestina. 

Dalam pesan suara kepada Abu Ubaida, juru bicara sayap militer Hamas, Brigade Ezzeddin al-Qassam, mengatakan bahwa kelompok itu ‘telah menanggapi mediasi Arab untuk gencatan senjata dengan Israel’.

Namun, Abu Ubaida kembali memperingatkan Israel bahwa Brigade al-Qassam mempersiapkan serangan roket besar yang mencakup seluruh Palestina (Israel) dari ujung utara hingga ujung selatan, tepatnya dari utara Haifa ke selatan bandara Ramon.

Bagaimanapun, rencana serangan itu mereka sebut ditangguhkan sementara untuk mengamati perilaku musuh (Israel) sampai setidaknya pukul 14.00 siang (waktu setempat) pada hari Jumat ini. 

(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »