Headline

Opini

Parlemen

Sports

Pj. Sekda Sumbar Benni Warlis Ajak Masyarakat Perkuat Prokes Hindari Covid-19

          Pj. Sekda Sumbar Benni Warlis Ajak Masyarakat Perkuat Prokes Hindari Covid-19
Pj. Sekda Sumbar Benni Warlis Ajak Masyarakat Perkuat Prokes Hindari Covid-19.
BENTENGSUMBAR.COM - Tim Safari Ramadhan 1442 Hijriah Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis kunjungi Masjid Nurul Taufiq, Jorong Kalumpang, Nagari Pamatang Panjang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Rabu 5 Mei 2021. Kehadiran Tim Safari Ramadhan (TSR) Sumbar itu disambut hangat warga Jorong Kalumpang, Nagari Pamatang Panjang disekitar Masjid Nurul Taufiq.

Benni Warlis sebagai Ketua Tim Safari Ramadhan menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh elemen masyarakat telah menyambut kedatangan rombongan dari Provinsi Sumbar dan sekaligus bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi di dalam masyarakat, sekaligus syi'ar Islam di bulan suci Ramadan 1442 H. "Dengan sering bersilaturahim berarti pemimpin telah membangun hubungan rasa kekeluargaan dan saling memiliki dengan rakyat. Sehingga program-program pembangunan mendapat dukungan masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan ini juga bisa diambil hikmah silaturahim yang luar biasa," kata Pj. Sekda Sumbar.

Selain itu, Benni Warlis mengatakan saat ini positivity rate di Sumatera Barat cenderung semakin tinggi, saat ini mencapai pada angka 8,57 persen. Tingginya positivity rate menggambarkan tingginya penularan Covid-19 di masyarakat. Tingginya positivity rate berisiko dan mengkhawatirkan, masyarakat harus disiplin mematuhi protokol kesehatan, seperti 3M (Menggunakan masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) dalam setiap kegiatan. Sumbar harus mengantisipasi sebaik-baiknya. "Saya minta masyarakat bisa tetap perketat prokes dengan ketat dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.  Kalau saat ini kita sangat disiplin dalam melaksanakan ibadah puasa, maka kita harus pula mendisiplinkan diri dengan menggunakan protokol kesehatan," ungkap Benni.

Lebih jauh Benni menyampaikan bahwa sekarang sudah keluar edaran Mendagri Nomor 800/2784/SJ tentang Pelarangan Kegiatan Buka Puasa Bersama Pada Bulan Ramadhan dan Kegiatan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya IdulFitri 1442 H/2021 M. Edaran ini menyikapi tingginya kasus covid-19 di Indonesia. "Maka kepada masyarakat dan terlebih lagi ASN untuk tidak melakukan Kegiatan Buka Puasa Bersama Pada Bulan Ramadhan dan Kegiatan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M," tegasnya.

Selain itu, kebijakan pemerintah yang melarang Mudik Lebaran 2021 harus dipatuhi demi kebaikan bersama. Benni berpesan kepada saudara-saudara yang ada di perantau, agar tidak mudik dulu. "Kepada dunsanak-dunsanak kita yang ada diperantauan yang berasal dari Sumatera Barat dipesankan untuk tidak pulang kampung dulu, mengingat kasus penularan Covid yang cenderung meningkat. Jika perlu kirim saja uang yang banyak untuk dunsanak awak dikampung halaman," ujarnya sambil bercanda.

Benni Warlis lebih jauh menyampaikan bahwa pembangunan Sumatera Barat yang akan dilakukan kedepan, maka Bapak Gubernur Mahyeldi telah sampaikan usulan beberapa point pembangunan yang diharapkan agar pembangunan lebih di prioritaskan guna pengoptimalan kinerja dan capaian agar dampaknya dapat dirasakan oleh Masyarakat Sumatera Barat ke pemerintah pusat.

Pj. Sekda Sumbar sampaikan pesan Gubernur Sumbar yang berharap, usulan tersebut, nantinya akan dituangkan dalam penganggaran APBN tahun 2022. Ada beberapa sektor yang perlu dipercepat pembangunan tahun 2022 di Provinsi Sumatera Barat. Disamping itu Benni menyampaikan keseriusannya Pemprov Sumbar untuk mengurus pertanian. Karena 57 persen penduduk Sumbar hidup di sector petanian, selain itu juga penyumbang PAD sebesar 22 persen. "Pertanian bukan hanya  pada peningkatan produksi, tetapi yang memiliki efek kebaikan pada petaninya yaitu peningkatan pendapatan  petani," sebutnya.

Untuk mendukung gerakan peningkatan pendapatan petani tersebut, pemprov sumbar berkomitmen untuk mengalokasikan 10 persen APBD Sumbar untuk sektor pertanian. Untuk membantu pemasaran produk organik, kita mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi produk organik. Untuk tahap awal, dimulai dari lingkungan Pemda Sumbar. Benni mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan diakhir-akhir bulan ramadhan ini untuk beribadah. "Mari kita tingkatkan ibadah di bulan ramadhan secara maksimal sehingga kita menjadi orang-orang yang bertaqwa," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Benni Warlis menyerahkan bantuan berupa berupa uang tunai sebesar 20 juta rupiah dari Pemprov Sumbar untuk pembangunan masjid kepada pengurus masjid. Hadir juga dalam Safari Ramadhan Pemprov, yaitu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Wardarusmen, Kepala Dinas Perindag, Kepala Biro Organisasi, Ahmad Zakri, Biro Pemerintahan, Iqbal, Eko Faisal dari Sespri Sekda dan Novriyanti dari Biro Binsos.

(BIRO HUMAS SETDA SUMBAR)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...