Headline

Opini

Parlemen

Sports

Ragukan Hadis Sadis Soal Yahudi, Ade Armando: Bangsa Arab Sering Lebay Kalau Berkata-kata

          Ragukan Hadis Sadis Soal Yahudi, Ade Armando: Bangsa Arab Sering Lebay Kalau Berkata-kata
Dosen dan pakar komunikasi, Ade Armando mengatakan bahwa ia ragu akan kebenaran hadis-hadis yang mengandung pernyataan ‘sadis’ soal Bangsa Yahudi.

Ragukan Hadis Sadis Soal Yahudi, Ade Armando: Bangsa Arab Sering Lebay Kalau Berkata-kata
BENTENGSUMBAR.COM - Dosen dan pakar komunikasi, Ade Armando mengatakan bahwa ia ragu akan kebenaran hadis-hadis yang mengandung pernyataan ‘sadis’ soal Bangsa Yahudi.


Pernyataannya itu dapat dilihat dalam video berjudul ‘Tanpa Akal Sehat, Mereka Percaya Yahudi Terlaknat’ yang ditayangkan Cokro TV pada Senin, 24 Mei 2021.


Awalnya, Ade Armando menyinggung soal konflik Palestina dan Israel yang menurutnya banyak dibumbuhi oleh sentimen agama.


Sebagai muslim, Ade lalu menyoroti soal cara pandang banyak orang Islam terhadap Yahudi yang menurutnya menjadi salah satu biang masalah.


“Dalam pandangan saya, banyak orang Islam menentang Israel terutama karena mereka percaya bahwa Alquran memang menyatakan Yahudi adalah musuh Islam, tidak bisa dipercaya, dan bahkan harus diperangi, atau bahkan dimusnahkan,” kata Ade.


Dosen Universitas Indonesia itu lalu menyebutkan beberapa ayat Alquran dan juga hadis-hadis soal Yahudi.


Pertama, Ade mengutip Surat Al-Maidah ayat 82 yang menyatakan bahwa Yahudi termasuk kaum yang paling menunjukkan permusuhan kepada orang-orang beriman.


Kemudian, Ade mengutip Surat Al-Baqarah ayat 120 yang menyatakan bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada umat Islam sebelum agama mereka diikuti.


“Dan ini diperkuat dengan hadis Nabi yang juga terkenal yang menyatakan bahwa menjelang kiamat, kaum muslimin akan memerangi dan membunuhi Yahudi,” ujarnya.


Bahkan, lanjut Ade, dalam hadis itu digambarkan bahwa ketika kaum Yahudi bersembunyi di balik pohon agar lepas dari tentara Islam, maka pohon itu akan berkata pada kaum Muslim bahwa di belakang pohon itu bersembunyi kaum Yahudi.


Pohon itu, kutip Ade, akan memerintahkan tentara Islam untuk membunuh orang-orang Yahudi yang bersembunyi tersebut.


Dalam pernyataannya, Ade menegaskan bahwa ia percaya Alquran berisi ayat-ayat Allah. Namun, ia menilai bahwa ayat-ayat tersebut harus dibaca sesuai konteksnya.


“Halnya, hadis yang sadis itu, saya sih gak terlalu percaya bahwa Nabi memang pernah mengucapkan itu,” ujarnya.


Tapi, kata Ade, jikapun Nabi Muhammad pernah mengucapkan hadis-hadis itu, maka semua tetap harus dipahami dalam konteksnya.


“Lagipula, Bangsa Arab itu kan memang sering lebay kalau berkata-kata. Jadi mungkin saja Nabi tidak bicara begitu, tapi oleh mereka yang mendengarkannya ditambah-tambahkan untuk menjadi penyemangat pasukan muslim,” jelas Ade.


Source: terkini.id

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...