Headline

Opini

Parlemen

Sports

Sebut Nabi Ibrahim Tokoh Yahudi, Cak Nun: Jangan Benci Israel!

          Sebut Nabi Ibrahim Tokoh Yahudi, Cak Nun: Jangan Benci Israel!
Cak Nun mengajak seluruh umat Islam jangan membenci, apalagi memusuhi Israel dan penganut Yahudi di sana.

Sebut Nabi Ibrahim Tokoh Yahudi, Cak Nun: Jangan Benci Israel!
BENTENGSUMBAR.COM - Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun mengajak seluruh umat Islam jangan membenci, apalagi memusuhi Israel dan penganut Yahudi di sana. Lantas, apa maksud ucapannya tersebut?


Sejak sebulan terakhir, konflik Israel-Palestina kembali memanas. Setelah Israel melakukan penyerangan terhadap warga sipil, Hamas membalasnya dengan serbuan rudal udara. Tak berhenti di situ, Israel yang meradang kembali membalasnya dengan operasi militer di sejumlah wilayah.


Berkat kejadian tersebut, ratusan penduduk Palestina dinyatakan tewas. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak dan balita juga menjadi korban kebrutalan tentara Israel. Itulah mengapa, banyak pihak—baik secara individu maupun kelompok, mengecam aksi penyerangan tersebut.


Seiring dengan ramainya kasus penyerangan tersebut, orasi atau pernyataan lawas Cak Nun kembali muncul dan viral di media sosial. Alih-alih membenci atau mengutuk Yahudi di Israel, dia justru mengajak umat Islam mencintainya. Sebab, kata dia, Nabi Ibrahim sendiri merupakan sosok yang berasal dari Yahudi.


“Apa kamu benci Israel? Apa kamu juga benci orang Yahudi? Aku setiap ibadah selalu menyebut nama tokoh Yahudi kok, namanya (Nabi) Ibrahim. Jadi, kalau kamu benci Yahudi, kamu enggak bisa ibadah (salat), enggak bisa tahiat,” ujar Cak Nun, dikutip dari saluran Youtube Cahaya Maiyah, Senin 17 Mei 2021.


Dia menambahkan, saat sedang salat, umat Islam pasti membaca bacaan tahiat akhir. Pada kesempatan itu, selain Nabi Muhammad, Nabi Ibrahim juga berulang kali diucapkan. Seandainya ada muslim yang membenci Yahudi, maka menurutnya, ibadahnya akan terganggu.


“Pas tahiat, nyebut Ibrahim, kamu malah enggak jadi ibadah,” tegasnya sambil menudingkan telunjuk dan memeragakan gerakan tahiat akhir.


Bukan hanya Israel dan Yahudi, Cak Nun juga mengajak para pendengarnya tidak membenci sosok atau kelompok tertentu. Sebab, kata dia, ketimbang menebar kebencian, bakal lebih baik seandainya kita menebar rasa cinta dan penuh kasih sayang.


Kalau pun ada perbuatan dari sosok tertentu yang dirasa salah, maka jangan langsung membencinya, melainkan beri dia hukuman atau sekadar peringatan keras.


“Jadi, kalian enggak usah benci siapa-siapa, ya. Tidak benci siapa pun, kalau ada yang salah, kita cintai dengan cara menghukum dia.”


“Kalau kita cinta kepada orang yang bersalah, mari kita hukum dia,” kata Cak Nun.


Simak videonya di sini!


Source: Hops.id

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...