Suara Lantang Kapitra Bikin Natalius Pigai Terpojok, Isinya Telak

BENTENGSUMBAR.COM - Politikus PDIP Kapitra Ampera merespons eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang menyampaikan narasi berbahaya terkait pemerintah melabelkan teroris terhadap KKB di Papua. 


"Bahaya, itu. Pernyataan yang menstimulasi konflik, tidak pantas diucapkan mantan komisioner Komnas HAM," kata Kapitra saat dihubungi, Sabtu, 1 Mei 2021.


Dia menilai pernyataan Pigai bakal memunculkan konflik horizontal lantaran mengaitkan pelabelan teroris untuk KKB dengan sentimen agama.


"Pigai mencoba membawa masalah ini kepada sektarian agama, padahal terorisme itu malahan mulai dan lahir di Eropa. Itu tidak berkaitan dengan agama," kata ketua DPD Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia (HAPI) Riau. 


Sebab, lahirnya KKB di Papua itu lebih berkaitan pada sikap seorang atau kelompok dalam merespons dan memperjuangkan keinginannya. 


Di sisi lain, pemerintah tidak sedikit pun menyinggung agama ketika melabelkan teroris terhadap KKB. 


Tetapi, label itu diberikan melalui serangkaian analisis hasil serangan KKB di Bumi Cenderawasih. 


Padahal, dalam beberapa kasus dari lainnya KKB di Papua merusak fasilitas publik, membunuh warga, membakar sekolah dan rumah ibadah.


Sebelumnya, Natalius Pigai menganggap keputusan pemerintah itu kemenangan bagi kelompok teroris dari Taliban dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Indonesia. 


"Setelah pemerintah giring konflik di Papua dengan rasisme/Papua phobia, sekarang pemerintah justru membuka konflik Kristen dan Islam di Papua. Tanda-tanda Indonesia bubar," demikian pernyataannya.


Source: GenPI.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »