Tower Tak Bertuan, Pemko Padang Segera Akuisisi

BENTENGSUMBAR.COM - Sebanyak empat ratus lebih menara atau tower telekomunikasi terpancang di tanah Kota Padang. Dari sekian banyak itu, beberapa di antaranya tidak bertuan, alias tidak berpunya. Pemko Padang segera mengakuisisi atau mengambil alih tower tak bertuan tersebut. 

"Ada tower yang hingga kini tidak diketahui siapa pemiliknya, kita akan segera akuisisi," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Padang, Rudy Rinaldy, Selasa, 18 Mei 2021. 

Salah satunya yakni tower telekomunikasi yang berada di lingkungan Teratai di GOR H. Agus Salim Padang. Tower yang terbilang cukup tinggi itu berada di sayap kiri depan Teratai. Tower itu terkesan tidak terurus. Diselimuti tanaman merambat. 

Menariknya lagi, beberapa meter dari tower tak bertuan itu juga terdapat tower lain. Ketinggiannya pun hampir sama. Hal ini tentu menjadi tanda tanya, karena tak biasanya letak tower saling berdekatan. 

"Kita tentu ingin sistem tower di Padang bagus, rapi. Sesuai master plan, tiap tower harus diketahui titik koordinat dan siapa pemiliknya, sehingga gampang untuk melakukan pengawasan," tutur Rudy. 

Selain itu, dengan mengetahui pemilik masing-masing tower, Diskominfo Padang punya data timeline keberadaan tower. Kapan tower berdiri dan kapan masa rubuh atau rusaknya. 

Selain itu, Pemko Padang juga tengah berpacu dalam meraup PAD sebesar-besarnya. Sehingga Kota Padang lebih dapat menggeliat lagi. 

"Jika towernya ada, tapi retribusinya tak bisa dijemput (karena tower tak bertuan), towernya akan kita ambil alih," tegas Kadis. 

Karena itu, Rudy mengimbau kepada pemilik tower untuk segera melaporkannya. Apabila dalam kurun waktu tiga bulan ke depan tidak diketahui siapa pemilik tower tersebut, Pemko Padang segera mengambil alih tower dimaksud. 

"Akan kita akuisisi sesuai mekanisme berlaku, kita akan minta bantuan BPKAD untuk tertib administrasinya sehingga bisa diakuisisi," pungkas Rudy. 

Jika tower tak bertuan di Padang sudah diambil alih, Pemko Padang akan memanfaatkan tower tersebut untuk keindahan kota. Seperti memasang lampu sorot atau penerangan agar wajah Padang terlihat lebih cantik.

Laporan: Charlie Ch. Legi

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »