UNU Sumbar Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

BENTENGSUMBAR.COM - Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat membuka Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Tahun Akademik 2021/2022.

Sosialisasi dan promosi gencar lakukan dilakukan oleh Tim Penerimaan Mahasiswa Baru kampus UNU Sumbar ini, yang dimulai sejak 17 Februari hingga 04 September 2021. Tim Sosisalisasi dan promosi yang langsung di promotori oleh Firdaus, SS, M. Si selaku Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan dan juga para dosen Universitas Nahdlatul Ulama yang tergabung dalam Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru diketuai oleh Ary Limay Trisno Putra, S.Pd, M.Pd dan di dampingi Dertha Mukhtar, S.Pd.I, M.Pd dan Fadli Setiawan, SE.I, MM serta beberapa mahasiwa yang juga ikut ke dalam tim.

Giat Sosialisasi Kampus yang dilakukan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ini dimulai dengan turun langsung kelapangan untuk melakukan promosi dan sosialisasi.

Berbagai strategi dilakukan tim dalam sosialisai dan promosi ini, seperti menyebar brosur, memasang pamflet, menyabarkan spanduk serta melakukan promosi ke tengah-tengah masyarakat yang ada di kelurahan, desa dan kenagarian. Agar segala informasi dapat langsung di ketahui oleh seluruh masyarakat, bahwa Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat hadir dan berperan aktif dalam kemajuan Pendidikan di Provinsi Sumatera Barat khusunya dan di indonesia umumnya.

Dalam melakukan sosialisasi dan promosi tersebut, tim juga melakukan pemetaan sekolah-sekolah yang tersebar di 19 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat. sehingga promosi kampus bisa tersebar secara merata.

Prioritas lokasi yang dituju adalah sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK/MA/Pesantren baik Negeri maupun swasta yang menjadi lokasi pamungkas untuk mendapatkan calon mahasiswa. 

“Kami fokus pada ilmu agama dan umum. Mahasiswa UNU tidak hanya dibekali keilmuan intelektualitasnya saja, tapi juga akhlak dan moral dari kampus ini. Itulah semangat yang selalu ditanamkan”. terang Firdaus SS. M. Si, Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan UNU Sumbar kepada Awak media ini, Jumat, 7 Mei 2021, di Padang.

Lebih jauh Firdaus menjelaskan bahwa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat ini didirikan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU). Sebagai perpanjangan tangan Badan Perkumpulan NU itu maka dibentuklah  Badan Penyelenggara Pengelola (BPP) UNU Sumatera Barat, yang berfungsi sebagai penyelenggara dan pengelola Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) di Sumatera Barat 
Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat ini resmi mendapatkan izin operasionalnya Pada tanggal 17 Oktober 2014, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 560/E/O/2014 Tentang Izin Pendirian Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat diselenggarakan oleh Perkumpulan Nahdlatul Ulama di singkat UNU Sumbar.

Menurut Diktum kedua dari Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat dapat menyelenggarakan 10 (sepuluh) Program Studi setingkat Sarjana (S1), sebagai berikut :

Program Studi Agrobisnis.
Program Studi Teknik Informatika.
Program Studi Sistem Informasi.
Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan.
Program Studi Budi Daya Perairan.
Program Studi Teknik Lingkungan.
Program Studi Ekonomi Islam.
Program Studi Ilmu Hukum.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Berada di tengah persimpangan jalan jaman, UNU sumbar mengambil suatu posisi yang mungkin bukannya tanpa risiko. Sebagaimana dinyatakan dalam amanat pendiriannya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menegaskan bahwa UNU sumbar sebagai institusi pembelajaran dimaksudkan untuk berkontribusi kepada masyarakat untuk menyumbang kepada peradaban bangsa dan dunia melalui proses pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi dan iman (spiritualitas). 

Hal ini berarti UNU sumbar menyelenggarakan suatu sistem pendidikan yang bersifat holistik dan berorientasi masa depan, sehingga dapat mengatasi aneka persoalan dan mengantisipasi perkembangan zaman yang semakin komplek. UNU walapun pendatang baru, bukan berarti yang terbelakang dalam prestasi. Pendatang baru juga mempunyai kesempatan untuk memberikan warna dalam kompetisi.
 
Banyak informasi tentang perkuliahan yang diberikan kepada siswa, guru dan masyarakat yang menjadi tempat promosi  berlangsung, yaitu dengan adanya kemudahan dalam melaksanakan Studi perkuliaan dengan bisa mengikuti program beasiswa yang disediakan diantaranya : Beasiswa KIP Kuliah yang diperuntukkan kepada calon mahasiswa yang kurang beruntung dalam perekonomian keluarganya, Beasiswa BAZNAS yang juga ikut menunjang keberlangsungan kuliah. Dan banyak beasiswa lainnya yang akan tersedia. Pungkas Firdaus
Terakhir dijelaskannya, untuk mendaftar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNU Tahun Akademik 2020/2021.

Selain dari jalur reguler, dalam masa pandemi ini kami juga membuka pendaftaran secara online dengan mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran pada link http://bit.ly/FormulirPendaftaranUNU2021

Berikutnya meng-upload semua berkas yang diperlukan sebagai syarat pendaftaran di http://bit.ly/PMBUNUSUMBAR2021 
Disaamping itu UNU Sumbar juga membuka peluang penerimaan mahasiswa lewat Jalur KIP Kuliah (beasiswa *uang kuliah gratis sampai tamat dan uang saku 4,2 juta per semester*) 

Cara mendaftarnya dengan membuat akun di Website Beasiswa KIP Kuliah https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id (isi data diri dengan lengkap dan pada *bagian data seleksi ditinggalkan dahulu*). Setelah itu, serahkan nomor pendaftaran dan kode akses ke panitia PMB PTS yang dituju.
setelah mengisi formulir secara online, anda bisa menghubungi panitia PMB 2020 atas nama Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi 
*Panitia PMB UNU Sumbar TA 2021/2022*
Ari Limay Trisno Putra di nomor berikut; (WA) 082384834862 

(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »