Headline

Opini

SOROT

Sports

Bantah M. Qodari, Di Mata Chusnul Mar'iyah Islam Bukan Sumber Pembelahan Pilpres

          Bantah M. Qodari, Di Mata Chusnul Mar'iyah Islam Bukan Sumber Pembelahan Pilpres
Bantah M. Qodari, Di Mata Chusnul Mar'iyah Islam Bukan Sumber Pembelahan Pilpres.
BENTENGSUMBAR.COM - Pandangan politik  Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari yang nampak menyudutkan Islam sebagai sumber pembelahan saat Pemilihan presiden dinilai berbahaya. 

Pakar politik Universitas Indonesia Chusnul Mar'iyah mengatakan, merujuk pada sejarah sebagian besar bangsa Indonesia adalah kerajaan Islam dan Kesultanan Islam.

Meski demikian, Chusnul melihat saat momentum Pilpres justru aspirasi kelompok Islam dianggap politik identitas yang merusak tatanan politik negara.

“Seolah sumber pembelahan karena Islam padahal sebagian besar bangsa Indonesia ini dahulu adalah kerajaan-kerajaan Islam dan Kesultanan-kesultanan Islam tapi saat ini ketika pemilu ada aspirasi Islam maka seolah-olah distigma sebagai politik identitas yang buruk," demikian kata Chusnul Mariyah saat diskusi Zoominari Kebijakan Publik Narasi Institute, Jumat, 25 Juni 2021.

Menurut akademisi yang juga kader Muhammadiyah ini, persoalan kepemimpinan adalah masalah besar bangsa Indonesia.

“Saat ini persoalan utama dari negeri ini adalah persoalan Leadership dan yang paling bertanggungjawab atas krisis leadership tersebut adalah partai politik dan media,” ujar Chusnul Mar’iyah.

Chusnul mengaku heran dengan adanya ide tiga periode disaat utang menggunung, indeks korupsi meningkat dan indeks demokrasi menurun.

“Utang menggunung, indeks korupsi meningkat dan indeks demokrasi menurun, Kok bisa ada ide presiden tiga periode. Itu ide darimana?' ujar Chusnul Mariyah.

Dalam webinar tersebut, turut hadir beberapa pembicara seperti pakar ilmu politik, Chusnul Mariyah; pakar media LP3ES, Wijayanto; serta pakar hukum, Chudry Sitompul dan Guru Besar Ekonomi IPB Prof Didin S Damanhuri.

Sumber: RMOL
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...